Kucing Maine coon merupakan kucing yang cukup populer di Indonesia, mereka yang termasuk ras tertua dari Amerika dikatakan berasal dari negara Maine, namun itu hanyalah mitos yang masih dipercayai hingga sekarang, faktanya tidak ada satupun organisasi internasional mengetahui asal muasal dari kucing raksasa ini. Harga Kucing Maine coon di Indonesia sendiri cukuplah beragam, kami akan membahasnya sehingga bisa menjadi sumber keputusan bagi calon adopter.

Ada teori mengatakan bahwa mereka berasal dari perkawinan kucing liar hutan dan rakut, tetapi ini halanya cerita mitos pula, karena kucing trah pertama dari jenis ini dimiliki oleh seseorang yang bernama Marie Antoinette yang pada saat itu mengirimkan kucing peliharaannya ke amerika selama terjadi revolusi diperancis.

Ada teori ketiga tentang kucing ini, teori tersebut mengatakan bahwa trah besar ini berasal dari perkawinan antara kucing domestik yang memiliki bulu pendek dengan kucing berbulu panjang amerika oleh pelaut viking, pada saat itu viking memelihara guna menangkap tikus dikapal.

Darimapaun asalnya kucing ras ini. nyatanya popularitas kucing satu ini kian naik setiap harinya, membuat harga kucing maine coon kian meroket sehingga juga menjadi peluang bisnis yang baik.


Ciri-ciri kucing yang baik dan sehat

Sebelum kamu memutuskan mengadopsi binatang, kamu haruslah tau seperti apa ciri-ciri peliharaan yang baik atau sehat, alasannya bukan karena agar kamu bisa mendapatkan yang terbaik, tapi lebih kepada kamu yang baru memelihara akan melakukan adaptasi pemeliharaan, dan terkadang adaptasi pemeliharaan hanya akan membuat kucing dalam keadaan stress, sehingga jika kucing tersebut sedang sakit lalu kamu buat stress bisa berdampak kepada kesehatannya yang kian memburuk.

Ciri-Ciri menkun yang sehat dan siap untuk diadopsi :

Lokasi Beli Kucing Maine Coon

Harga Kucing Maine Coon dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah lokasi dimana kamu nantinya akan membeli atau mengadopsi, berikut adalah Lokasi Beli Kucing Maine Coon :

  1. Breeder Resmi
    Di breeder resmi kamu akan dapat membeli kucing jenis ras ini, breeder biasanya terikat dengan organisasi tertentu sehingga dapat mengeluarkan silsilah sertifikat, jadi bisa dipastikan jika kucing yang berasal dari breeder resmi adalah ras dengan tingkat kemurnian tinggi dengan silsilahnya yang juga jelas.
  2. Komunitas
    Di facebook kita bisa menemui banyak sekali group group adopsi binatang, sebenarnya sah sah saja jika kamu mengadopsi binatang yang dipasaarkan disana, tidak ada yang salah sama sekali, yang kami sarankan adalah untuk cek kebenaran dan kredibilitas dari group tersebut, karena di lingkup online, penipuan bisa terjadi kapan saja.
  3. Pasar Hewan Atau PetShop
    Pasar hewan seperti pasar barito atau petshop yang besar biasanya menyediakan kucing untuk segera diadopsi, jika di opsi nomer 3 ini yang paling dikhawatirkan hanyalah kesehatan, karena biasanya perawatan yang mereka berikan kurang optimal, maka dari itu kamu harus membaca tulisan di atas tentang ciri-ciri kucing sehat dahulu, agar kamu tidak tertipu pada akhirnya.
  4. Teman yang ingin melakukan hibah
    Jika kamu memang serius ingin memelihara binatang, seharusnya kamu juga memperluas relasi kamu agar nantinya kamu bisa mendapatkan manfaat dari pertemanan, kamu bisa masuk ke dalam group group pecinta binatang, disana biasanya ada saja yang ingin melakukan hibah atas dasar kepercayaan.

Harga Kucing Maine coon Kitten

Harga kucing maine coon kitten biasanya lebih mahal daripada yang adult, tapi umur bukanlah faktor utama, karena dibawah banyak faktor lainnya yang mempengaruhi harga dari kucing. Harga kucing kitten dari jenis ras ini biasanya ada pada kisaran Rp.4.000.000 untuk non ped dan Rp.15.000.000 untuk ped.

Apa kamu termasuk yang kaget dengan rincian harga tersebut? ini belum seberapa, karena harga adopsi champion cat lebih daripada itu dan juga biaya perawatan kucing juga tidaklah murah, jadi kami menyarankan kepada kalian yang ingin melakukan adopsi untuk selalu mengukur keuangan terlebih dahulu sebelum membuat komitmen.

Harga Kucing Maine Coon pedigree

Ada kucing pedigree yang memiliki silsilah dan sertifikat resmi dari organisasi, ada juga kucing non-ped, nah kucing ped biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada kucng non-ped, untuk harga kucing maine coon pedigree dewasa ada pada kisaran Rp.10.000.000 – Rp.20.000.000 biasanya biaya adopsi tergantung dari silsilah dan warna mantel, sedangkan untuk non-ped harga kucing maine coon ada pada kisaran Rp.5.000.000.

Persiapan setelah mengadopsi kucing

Setelah sekiranya harga sudah saling mendapatkan kesepakatan, selanjutnya yang harus kamu pelajari adalah persiapan dalam perawatan kucing, walaupun persiapan tidak harus sangat lengkap, namun adanya perlengkapan seperti litter box, cat bowl, alat bermain, makanan kucing, zeolit, vitamin dan juga alat mandi bisa menjamin bahwa setelah diadopsi, si kucing akan lebih bahagia dan jauh dari penyakit.


Tabel Harga Kucing Maine Coon

Umur KucingPedigreeHarga
KittenPedigreeRp. 12.000.000 – Rp. 15.000.000
AdultPedigreeRp. 10.000.000 – Rp. 20.000.000
SeniorPedigreeRp. 7.000.000 – Rp. 12.000.000
Kitten Non-PedRp. 2.000.000 – Rp.5.000.000
AdultNon-PedRp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000
SeniorNon-PedRp. 1.500.000 – Rp. 3.000.000