Ikan aligator atau yang sering disebut juga dengan ikan buaya merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara oleh para kolektor karena keunikannya. Bahkan kini ikan aligator terbesar menjadi salah satu ikan yang terancam kepunahannya karena sering diburu. Ikan ini disebut sebagai ikan buaya karena memang memiliki moncong yang mirip seperti buaya dan ukurannya yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya.

Ikan ini banyak ditemui di beberapa perairan di Amerika terutama bagian utara, Amerika Tengah, serta di beberapa Pulau Karibia. Ikan ini juga memiliki kelebihan mampu hidup dalam waktu yang cukup lama yakni sampai 20 tahun. Karena kelebihan inilah banyak orang yang semakin menggemari ikan aligator. Tidak hanya mirip dengan buaya dan dapat bertahan hidup sampai 20 tahun, beberapa fakta unik lainnya dari ikan aligator adalah sebagai berikut:

Fakta Menarik Ikan Aligator terbesar

1. Digunakan sebagai bahan pembuatan alat untuk perang

Sejak ditemukannya ikan ini di perairan beberapa wilayah di Amerika sebenarnya pada awalnya penduduk Amerika banyak yang menggunakan ikan ini sebagai salah satu pembuatan bahan utama baju, pelapis baju untuk baju baja, dan mata panah sebagai alat perang. Ini menjadikan bahwa memang ikan aligator memiliki manfaat yang sudah terbukti sejak jaman dahulu.

2. Digunakan sebagai bahan pembuatan alat pertanian

Tidak hanya digunakan sebagai pembuatan alat untuk perang saja, ikan aligator juga biasa digunakan untuk bahan utama pembuatan alat-alat pertanian pada awalnya sebab pembuatan bahan menggunakan ikan aligator ini sangat efektif karena kuat dan cenderung dapat bertahan lama sehingga sangat cocok digunakan menjadi alat bajak sawah dan lain sebagainya pada jaman dahulu sebelum ada alat-alat canggih dalam pertanian.

3. Dijadikan minyak sebagai alat pengusir lalat

Ikan aligator terbesar bahkan pernah dijadikan sebagai bahan utama pembuatan minyak ikan yang memiliki fungsi untuk mengusir lalat. Hal seperti ini biasa dilakukan oleh suku Arkansas pada jaman dahulu.

4. Bahan pembuatan dompet

Karena memang tekstur kulitnya hampir mirip dengan buaya maka kulit ikan aligator juga seringkali digunakan untuk pembuatan dompet bahan untuk pembuatan beberapa jenis peralatan maupun perhiasan lainnya. Dengan adanya hal ini juga membuktikan bahwa ikan ini memang sudah sering diburu sejak dahulu sehingga menjadi salah satu jenis ikan yang mulai punah.

5. Pernah ditangkap besar-besaran

Bentuk dari ikan aligator terbesar memang cukup menyeramkan sehingga tidak heran banyak yang menganggap ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang membahayakan dan seringkali disebut sebagai ikan pengganggu ekosistem sehingga selama hampir 50 tahun pernah ditangkap besar-besaran dan semenjak saat itu ikan ini menjadi salah satu jenis hewan yang langka.

Lalu pada tahun 1995, terdapat salah satu pihak yang merupakan pemerhati lingkungan dan mengadakan suatu dokumenter mengenai ikan aligator yang ditayangkan yang mana maksud dan tujuan dalam pembuatan video dokumenter tersebar adalah untuk menyadarkan banyak orang bahwa pembantaian terhadap jenis ikan yang satu ini yang terjadi di Louisina dan Texas merupakan hal yang tidak layak dilakukan. Hal tersebut berdampak pada saat ini yang mana ikan aligator kini menjadi salah satu jenis ikan yang dilindungi oleh banyak pihak misalnya Missouri Department of Conservation.

Selain itu didukung pula oleh beberapa mitra dari Missouri Department of Conservation seperti Illinois, Arkansas, Tennessee, Alabama, Oklahoma, Texas, Mississippi, Louisiana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

ikan aligator 1

Jenis-Jenis Ikan Aligator

Walaupun terlihat hanya itu itu saja, ternyata ikan besar ini memiliki 3 jenis yang bisa dibedakan secara fisik loh guys, selain 3 jenis yang akan kita bahas, ternyata ikan satu ini juga memilki sifat albino yang keluar dalam rasio 1:1000 kelahiran loh sehingga harga yang albino bisa dikatakan sangatlah mahal karena langka banget.

Berikut adalah beberapa jenis ikan Alligator yang umumya bisa kamu temui :

#1 Ikan Buaya

Walaupun dinamai Ikan Buaya, namun mereka gapunya kaki kok guys, mereka dinamakan buaya karena bentuk dari moncong mereka maju seperti layaknya buaya.

Mereka memakan daging dagingan juga seperti layaknya buaya, jadi jangan sampai kamu menyemplungkan tanganmu ketika ada ikan ini ya karena berpotensi nantinya malah tanganmu dimakan.

#2 Ikan Spatula

Ikan spatula merupakan yang paling ganas dibandingkan yang lain, mereka sangat agresif dan bahkan agresifnya bisa disamakan dengan kelakuan dari ikan piranha, di Indonesia sendiri kamu akan sangat jarang bisa melihat jenis spatula ini karena seperti habitatnya, tidak semua air bisa menjadi tempat untuk mereka hidup.

3. Aligator Gar

Jenis Gar merupakan jenis yang paling banyak dan paling mudah untuk dipelihara, ukurannya juga sangat kecil dibandingkan yang lain sehingga mudah untuk dipelihara, aligator gar memilki harga pasaran untuk sekarang pada 200rb dan yang jenis albino bisa mencapat hingga 10jt rupiah.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah ketika kamu hendak ingin memelihara ikan jenis aligator pastikan kamu siap dengan segala jenis perawatannya, karena perawatan dari jenis ini cukup sulit dan membutuhkan banyak biaya, kesimpulan yang kedua adalah jangan memelihara yang jenis buaya atau spatula karena tingkat keganasannya cukup tinggi sehingga jika kamu tidak benar benar yakin atau bisa menangkalnya, ditakutkan malah bisa menjadi backfire untuk dirimu.

Nah kesimpulan yang terakhir adalah kamu sebaiknya jangan memelihara yang jenis albino, kenapa? karena yang jenis albino karena langka harus menyertakan surat bahwa kamu memang boleh memelihara jenis ini, jika tidak menyertakan surat, bisa-bisa ikanmu nanti dijemput paksa oleh petugas, jadi bijak-bijak ya.