Ciri-Ciri Kucing Jamuran – Kucing dapat memiliki alergi terhadap banyak jenis makanan, parasit, dan bahkan karena lingkungan yang mereka diami, seperti layaknya manusia, tidak tertutup kemungkinan bahwa kucing juga akan terkena jamur, untuk kasus ini sebenarnya tidak ada obat yang bisa diberikan, tetapi kamu bisa mencoba untuk menghilangkan penyebabnya sehingga jamurnya akan pergi.

Sebagai pemilik kadang kita telat untuk mengidentifikasi penyebab gatal dari kucing, oleh karena itu sudah seharusnya para pemilik mengetahui ciri-ciri kucing jamuran agar bisa sesegera mungkin memberikan penanganan yang tepat sehingga gatal dari si kucing tidak kian menjadi lebih buruh.

Kucing dapat menjadi setengah botak ketika terkena alergi, kita kamu mencurigainya karena jamur ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil diagnosa dengan akuran 100%, dan kami sudah merangkumnya dalam artikel ini, artikel ciri-ciri kucing jamuran.

Ciri-Ciri Kucing Jamuran

  • Kucing menjadi sulit untuk tidur
  • Kucing Mengeong dimalam hari
  • Nafsu makan terganggu
  • Intensitas menggaruk yang menjadi lebih sering
  • Pruritus (Gatal-gatal yang sangat besar)
  • Terdapat Papula
  • Terdapat Lesions
  • Terdapat kerak pada bagian kulitnya
  • Ada tanda Alopecia
  • Lichenification (Kulit yang menjadi lebih tebal)

Jika kamu mengetahui bahwa tanda diatas sedang dialami oleh kucingmu, kamu tidak perlu panik dan khawatir karena ancaman yang diberikan oleh jamur tidak separah seperti yang ditimbulkan oleh scabies pada kucing sehingga ini masih bisa disembuhkan tanpa mendapatkan perlakuan medis yang intens.

Untuk melakukan diagnosa terhadap kucing, dokter hewan biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik yang sangat menyeluruh serta melihat kerontokan kulit didaerah yang terkena lalu melakukan test lab guna mendapatkan hasil yang pasti.

Perawatan untuk jenis ini sangatlah bervariasi tergantung pada tingkat infeksi dan situasi khusus dari kucing, ini biasanya mencakup sampo atau obat oles khusus, pencegahan topikal untuk jamur juga biasanya akan diberikan setelahnya guna menolak datangnya kembali jamur yang bisa saja menyerang.

Bercerita sedikit tentang jamur pada kucing

Kerabat saya sempat panik karena menurut keterangannya dipagi hari ia menemukan kucingnya terdapat pola kebotakan pada bulunya, lantas akhirnya pada sebuah kesempatan saya diundang untuk melihat langsung guna melakukan diagnosa apa yang menjadi penyebab bulunya menjadi kian tidak menarik, karena jelas bahwa kerontokan dan kebotakan pada bulu sangatlah mengganggu serta menjadi indikasi bahwa kucingmu kini sedang tidak baik-baik saja.

Singkat cerita akhirnya saya datang kerumahnya dan melihat langsung, walaupun saya bukanlah seorang dokter hewan yang bisa mendiagnosa penyakit dengan tepat, namun mereka mempercayakan saya karena menurutnya pengalaman saya yang cukup panjang mampu melihat apa sumber masalahnya.

Jadi kucingnya adalah persian exotic yang mana bulunya pendek, pada bagian punggungnya beberapa spot mengalami kebotakan dan sedikit mengeras, kalau dilihat oleh tandanya ini saya sangat yakin bahwa ini adalah dampak dari scabies yang juga berpadu dengan jamur karena pada sekitaran scabies terdapat pola putih jamur dan juga karena kulitnya menebal.

Berikut adalah penampakan fotonya, terlihat jelas bahwa jika ini adalah penyebab scabies tidak akan separah ini, dan saya menyarankan pada saat itu untuk membawa kucingnya ke dokter hewan agar mendapatkan pengobatan medis karena ditakutkan akan berdampak pada banyak hal lainnya, akhirnya setelah datang didokter ia mendapatkan obat salep dan ternyata penyebab aslinya adalah karena perilaku kotor si kucing terhadap kotorannya sehingga banyak bakteri yang menumpuk pada tubuhnya sehingga jamur dan kutu berdatangan.

Ciri-Ciri Kucing Jamuran