Ciri-ciri kucing cacingan sangatlah banyak cirinya, namun semua ciri tersebut bisa dipelajari sehingga kamu bisa lebih waspada terhadap parasit satu ini. Cacing yang paling banyak menimpa kucing adalah cacing gelang dan juga cacing pita, banyak faktor yang menyebabkan cacing ini bisa berada di tubuh kucing kamu, cacing merupakan sebuah parasit yang tumbuh ditubuh kucing dengan cara bergantung hidup dan secara tidak langsung terus menggerogoti imun dari kucing.

Kamu sebagai pemilik harus lebih awas dalam mengawasi gejala yang terjadi, jangan sampai kecolongan yang akhirnya membuat cacing makin berkembang biak di tubuh si kucing, ketika kamu rasa kucingmu memang benar menderita cacingan, cobalah segera bawa ke dokter hewan segera, namun sebelum dari itu, yuk kenali ciri-ciri kucing cacingan.


Ciri-Ciri Kucing Cacingan


  1. Penurunan berat badan serta perut yang buncit
    Kucing yang memiliki cacing didalam tubuhnya akan mengalami penurunan nafsu makan, namun kamu juga harus memperhatikan bahwa meskipun mereka makan dalam jumlah dan takaran yang normal seperti biasanya, mereka terus kehilangan berat badannya tanpa alasan apapun, jika kamu rasa ciri ini sedang kucing kamu alami, segera langsung bawa ia ke dokter terdekat.
  2. Bulu Yang Menjadi Kasar
    Gejala lain yang sangat terlihat ketika kucing mengalami cacingan adalah perubahan yang terjadi pada bulu mereka. Dalam kasus ini bulu mereka akan menjadi kasar, atau bahkan menjadi sangat kasar, walaupun sudah diberi makan premium khusus untuk bulu, mereka tidak akan berkilau seperti biasanya.
  3. Mengubah Kebiasaan Buang Air Besar
    Ciri-ciri kucing cacingan yang ketiga adalah mereka akan mengalami perubahan dalam hal kebiasaannya membuang air besar, hal yang paling sering terjadi adalah dengan adanya diare, penyebabnya diare memang bisa menjadi cacing atau tidak, namun tidak ada salahnya jika kamu melihat gejala ini, kamu langsung membawanya ke dokter.
  4. Terlihat Jejak Cacing
    Kamu bisa melihat cacing dikotoran kucing, atau kamu bisa melihatnya dalam sekitaran anus dari kucing, namun sedikit menjijikan, namun ini adalah cara yang cukup cepat dan efektif untuk melihat apakah kucingmu benar mengalami cacingan atau tidak.
  5. Perilaku yang tidak biasa
    Segala jenis perilaku yang tidak biasa mereka lakukan haruslah mendapatkan penyelidikan lebih lanjut, karena bisa jadi perubahan perilaku adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres terjadi padanya, salah satu penyakit yang bisa berdampak langsung pada perilaku adalah sakit cacingan.
  6. Lesu
    Ciri-Ciri kucing cacingan yang ke-6 adalah timbulnya kelesuan oleh kucing sehingga terlihat mereka sangat kehilangan energi, atau mereka jadi tidak tertarik dengan kebiasaan bermain yang padahal sebelumnya sangat mereka sukai.
  7. Sangat menyerat di karpet
    Sering tidur juga merupakan gejala kuat bahwa kucingmu sedang mengalami cacingan, sejatinya kucing yang mengalami cacingan akan sering menyeretkan anusnya ke karpet, hal ini kucing lakukan karena mereka gatal sehingga harus menggaruknya.

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati adalah benar adanya, mencegah datangnya cacing kedalam tubuh kucing jauh lebih baik ketimbang kamu harus mengobatinya. Untuk pencegahan kamu harus memeriksa kucing kamu secara teratur sehingga track historynya pun jelas.

Anak Kucing atau kitten bisa mendapatkan vaksin perlindungan dari cacing pita, vaksin bisa dilakukan sejak mereka berusia 6 minggu.

Kucingmu juga bisa tertular cacing karena mereka menelan bulu yang mana bulu tersebut terkena oleh kotorannya, karena beberapa bakteri dan kutu mungkin akan membawa cacing.