6 Ciri-Ciri Anjing Hamil – Pernahkah kamu melakukan perhatian pada anjing yang mengalami perubahan sikap menjadi lebih malas daripada biasanya, atau mungkin mereka makan lebih sedikit dari makan malamnya, tanda simple tersebut bisa jadi merupakan adalah tanda kehamilan.

Beberapa gejala ini juga bisa menjadi penyakit, jadi sangat penting bagi para pemilik untuk memeriksa perubahan yang terjadi dari mulai selera makan, penamppilan gerak atau serangkaian tingkat aktivitas, karena tentu saja jika kamu mengira bahwa anjingmu hamil tanpa diagnosa yang tepat itu hanya akan mengecewakan kamu saja, namun disini kamu coba meramngkum setidaknya 6 ciri-ciri anjing hamil yang bisa kamu perhatikan :

1. Aktivitas yang menurut

Jika anjing kamu mudah untuk merasakan lelah atau menghabiskan waktunya dengan tidur siang melebihi hari hari biasanya, itu mungkin saja mengindikasikan bahwa ia sedang mengalami hamil. Untuk anjing yang biasanya sangat energik dan bersemangat dalam melakukan banyak hal ini harus dianggapi serius karena selain karena tanda kemahilan ditakutkan ada gejala kesehatan yang harus diperhatikan.

Untuk Ajing yang memang melakukan aktivitas tidur lebih pada siang hari, kamu akan sulit untuk menentukan tanda nomer satu dalam ciri-ciri anjing hamil karena tanda kemahilannya sama seperti tanda kebiasaannya yang memang senang dengan tidur, namun solusi lainnya adalah kamu bisa melihat apakah ia menjadi lebih cepat lelah ketika berjalan atau tidak.

2. Perubahan dalam appetite

Nafsu maan dari anjing yang sedang mengalami hamil dapat berfluktuasi dengan cara yang sangat beragam, semua tergantung pada anjing dan tahap dimana kehamilannya sedang berada, pada awal atau pertengahan dari masa kehamilannya ia akan makan lebih sedikit yang dibarengi dengan muntah sedikit.

Namun mereka juga mungkin saja makan lebih banyak dari biasanya namun menunjukan gesture bahwa ia tidak puas dengan makanannya, fluktuasi ini sesuai dengan perubahan hormon dari si anjing ini.

3. Perilaku yang tidak biasa

Jika anjing kamu memang sedang hamil, kamu mungkin melihat perubahan tertentu dari perilakunya sehari hari. Misalnya mereka dapat mencari kenyamanan dari pemiliknya lebih sering dengan kata lain mereka akan sedikit lebih bermanja dengan pemiliknya. Seekor anjing hamil mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bisa berdekatan dengan pemiliknya. Disisi lain anjing yang sedang hamil mungkin akan mencari isolasi dan terkesesan tidak mau diganggu, pada beberapa kasus bahwa mereka akan terlihat sangat depresi dan mudah tersinggung.

4. Puting yang membesar atau berubah warna

Puting dari anjing betina biasanya sangatlah kecil, dan kehamilan akan membuat putingnya menjadi lebih besar selama tahap awal kehamilan, bagian Areola juga menjadi lebih membulat dibandingkan hari hari biasanya dengan keratan biasa pada umumnya.

Kami juga mungkin pernah melihat bahwa putingnya berubah warna menjadi merah yang lebih gelap daripada biasanya, ini berkaitan dengan aliran darah pada tubuhnya yang membuat putingnya menjadi berubah warna, kemudian dalam kehamilannya putingnya juga terkadang bocor akan cairan susu, persis seperti manusia.

5. Penambahan berat badan dan pembesaran perut

Saat anak-anak anjing tumbuh dalam perut anjing betina, ini akan berdampak langsung kepada tubuhnya yang akan membesar, ini bisa menjadi salah satu indikasi paling jelas dan bisa dirasakan oleh siapapun dari kehamilan anjing, terutama jika anjing lain melakukan makan seperti biasa sehingga tidak ada alasan kuat kenapa ia bisa mejadi besar dalam waktu yang cukup singkat. Namun, pembesar perut terjadi dengan relatif terlambat pada kehamilan anjing, yang berarti bahwa kamu akan melihat tanda ini ketika memang masa waktunya sudah cukup hamil tua.

6. Lebih senang bersarang

Ciri-Ciri anjing hamil lainnya adalah selama beberapa minggu kehamilan berlangsung, kamu mungkin akan memperhatikan anjingmu mulai merobek tempat dimana ia sering melakukan tidur atau akan mencari kain untuk membuat sarang. Mereka juga menjadi mudah tersinggung dan tertutup selama waktu ini berlangsung, jadi kami menyarankan untuk melakukan pembatasan kontak dengan anak kecil karena ini beresiko.

Dibandingkan dengan manusia yang memerlukan waktu hingga 9 bulan lamanya, anjing memiliki waktu kehamilan yang relatif singkat yaitu 56-70 hari. Akibatnya bertindak cepat pada tanda kehamilan sangatlah penting guna memastikan bahwa kelahiran yang akan mereka lakukan nyaman dan aman.

Baca juga artikel Lama anjing hamil

Di atas adalah 6 ciri-ciri anjing hamil yang bisa kamu jadikan acuan kapan waktunya anjing kamu sekiranya hamil tua dan perlu dibawa kerumah sakit, dan berikut adalah yang harus dipersiapkan sebelum kamu kedatangan buah hati dari anjingmu :

  • Siapkan makanan untuk pupies
  • Siapkan susu untuk anak anjing
  • Siapkan nama untuk calon anak anjing
  • Siapkan rumah untuk anak anjing baru
  • Harus memberikan kasih sayang lebih
  • Jangan melakukan olahraga yang terlalu melelahkan
  • Jangan memandikan anjing dengan sering
  • Tidak lupa memberikannya suplemen
  • Untuk selalu memberikan makan tepat waktu
  • Jangan usik ketika mereka sedang ingin sendiri
  • Siapkan sarang untuk melahirkan
  • Menghitung umur kandungan
  • TIdak menggabungkannya dengan binatang lain
  • Menjauhkannya dengan anak kecil
  • Jangan tingkanlan mereka dalam waktu yang lama

Video ciri-ciri anjing hamil

Ciri-Ciri Anjing Hamil