Catnip adalah ramuan yang dibuat dari tumbuhan mint labiatae, istilah catnip berasal dari respons yang ditunjukan kucing ketika ia berhadapan dengan tanaman ini, catnip adalah varietas nepetalcataria yang pada umumnya kucing akan sukai karena baunya dan juga rasanya.

Apa yang terjadi jika kucing memakan atau menghirup catnip

Bahan aktif nepetalactone yang dimiliki oleh catnip adalah minyak esensial yang dapat mengubah perilaku spesies kucing domestik hingga kucing persia, mayoritas kucing akan merespon minyak ini terkecuali anak kucing karena responnya masuk kurang baik.

Respon yang biasanya dilakukan oleh kucing ketika berhadapan dengan catnip adalah mengendus, mengunyah, menjilati, menggelengkan kepala, dan juga menggosokan tubuh diantara catnip, penggulungan tubuh tersebut mirip dengan pola-pola estetis dan seringkali dianggap seagai afrodisiak.

Pertanyaan yang sering terjadi terkait catnip

  1. Apa Catnip berbahaya?
    Jawabannya adalah tidak, kucingpun tidak akan overdosis karena mereka biasanya akan menolak ketika mereka merasa sudah cukup.
  2. Dimana saya mendapatkan catnip?
    – Sebagian besar mainan kucing diisi oleh catnip
    – Kamu bisa menanamnya sendiri dirumah
    – Kamu bisa menaburkannya dimainan dan lantai
  3. Bagaimana cara saya memberikannya?
    Tidak ada dosis yang spesifik untuk catnip, jika dikeringkan kamu bisa menaburkan sedikit demi sedikit pada lantai.

Kenapa kucing menyukai Catnip

Didalam Catnip terdapat bahan yang bernama Nepetalactone, bahan tersebut dapat ditemukan dibagian daun dan batang dari catnip itu sendiri, dan ketika bahan tersebut masuk kedalam hidung kucing akan memberikan respon reseptor pada neuron yang akhirnya memicu kesenangan bagi seekor kucing, karena memberikan efek pelepasan neuron, itulah yang membuat kucing sangat menyukai catnip.

Saking adiktifnya bahan ini terhadap kucing, ada beberapa kasus dimana kucing menjadi over dosis dan hingga memakannya, ketika dimakan atau dihirup terlalu banyak, zat ini akan mengakibatkan cemas pada kucing serta membuatnya menjadi sosok yang agresif, namun kamu tidak perlu khawatir karena efek ini hanya berlangsung selama 15 menit saja.

Kucing yang memiliki umur diatas 6 bulan memiliki kecenderungan lebih sering menghirup zat ini karena ketika ia sudah menginjak usia tersebut perkembangan dari indra-indranya sedang dalam tahap terbaiknya.

Sekali lagi, apa berbahaya?

Ini adalah point yang harus sangat ditekankan bagi para pemilik kucing, tentang seberapa berbahaya zat ini terhadap binatang, menurut informasi yang kami temukan dari banyak sekali sumber serta hasil dari bertanya dengan pakar kesehatan binatang, catnip bisa memberikan efek gila terhadap beberapa kucing, gila disini bisa kita analogikan seperti manusia sedang mabok.

Hal pertama yang akan terjadi adalah membuat kucingmu menjadi mabok selama 15 menit dan setelah itu akan berlangsung kembali normal, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena catnip bisa dicerna dan tidak memicu penyakit lainnya.

5 Macam Catnip

Catnip pada umumnya

Ini adalah varietas yang pada umunya sangat digemari oleh kucing, kenapa? karena pada bagian batang dan daunnya ditutupi bulu halus yang mana bulu tersebut dapat membangkitkan neutron ketika kucing menghirupnya, jenis ini dapat ditemui pada tumbuhan paku tinggi dan bunga yang memiliki serbuk.

Catnip Yunani

Varietas kedua ini pada umumnya akan berwarna hijau pucat sehingga hampir menyerupai warna putih, jenis ini memiliki bunga berwarna merah muda dan ukurannya sangat kecil yaitu hanya 18 inci.

Kamper Catnip

Jenis kamper memiliki bau yang cukup menyengat, jenis ini bisa didapatkan dari tanamakan mint dan tanaman yang memilki bunga serta bau menyengat, dan biasanya bunganya berwarna ungu.

Lemon Catnip

Jenis lemon bisa dikatakan hampir sama dengna jenis lainnya dalan kadar ukuran dan juga warna, meskipun bunga dari jenis ini bisa jadi memiliki bintik yang tidak dimiliki jenis lain, itu malah menjadi minus bagi lemon catnip karena kucing kurang suka dengan motif tersebut.

Catmint

Catmint adalah tanaman seperti digambar dan memiliki bunga berwarna ungu, bunganya sangat kecil namun banyak mengandung zat catnip sehingga jenis ini juga termasuk jenis yang sangat disukai.