Sugar Glider merupakan binatang yang sangat unik dan tidak banyak diketahui oleh banyak masyarakat umum, selama 15 tahun terakhir banyak para peternak dan peneliti mencoba untuk menjinakkan hewan jenis ini hingga akhirnya sekarang sugar glider sudah perlahan menjadi peliharaan seperti layaknya kucing dan juga anjing, lalu bagaimana cara merawat sugar glider yang baik dan benar? simak artikel ini ya guys.

Hewan mamalia berkantung ini adalah hewan asli dari negara Australia dan juga Indonesia, mereka walaupun menyerupai seperti tikus, namun mereka ternyata tidak memiliki kaitannya dengan tikus sama sekali, hewan jenis ini memiliki kantung layaknya kangguru, dan cara mereka membesarkan anaknya pun sama seperti kangguru yang mana anak yang baru lahir akan dimasukan kedalam kantungnya dan baru akan keluar ketika anaknya sudah cukup besar.

Nama Sugar Glider sendiri dibenatkan kepada hewan mamalia kecil satu ini karena mereka sangat menyukai segala makanan yang sifatnya manis, terutama sayuran yang manis seperti wortel, dan nama glider diambil karena bentuk fisik pada bagian kakinya yang memiliki selaput tipis dari pergelangan tangan hingga pergelangan kaki. Dengan selaput tersebut ia dapat meluncur dengan sangat hebat dari satu tempat ke tempat lain hingga jarak 150 kaki jauhnya.

Sugar Glider dewasa memiliki berat yang ada pada kisaran 4-5 ons dan ditunjang dengan ukuran tubuh yang panjangnya sekitar 12 inci dari moncongnya yang menjulur kedepan hingga buntutnya, hewan ini memiliki waktu hidup seperti anjing, dimana jika dirawat dengan cara yang benar usia hidupnya bisa mencapai hingga usia 15 tahun lamanya.

Hewan ini adalah hewan sosial yang mana dihabitat aslinya mereka akan tinggal pada dalam kelompok yang cukup besar yaitu 10-15 ekor, oleh karena itupula ketika sudah dirawat dengan pemilik, ia akan menganggap pemiliknya sebagai kelompok yang juga ia akan sayangi dan jaga, didalam lingkungan yang penuh manusia, ia tidak akan mencakar atau menggigit karena pada dasarnya hewan ini sangatnya loyal dan penyayang.

Cara merawat Sugar Glider dengan benar

Pilih makanan yang bernutrisi tinggi

Secara umum binatang ini harus mengkonsumsi 75% sayuran dan juga buah guna mencapai dietnya yang terbaik dan 25% sisanya harus mengandung protein entah hewani ataupun nabati, dan berikut adalah makanan yang tepat untuk hewan sugar glider :

Buah & Sayuran : Apel, alpukat, pisang, buah berry, blewah, wortel, buah ceri, jagung manis, kurma, anggur, melon, jeruk, pepaya, pir, nanas dan juga ubi.

Protein : Daging yang di potong dengan ukuran kecil, bisa daging ayam, daging kalkun yang dibuat tanpa diberikan bumbu sama sekali, telur yang direbut, yogurt, keju, selai kacang dan juga tahu.

Serangga : Serangga Hidup, cacing, kacang mentah, laron.

Hewan ini termasuk pemakan yang sangat pemilih, dan oleh sebab itu ia bisa hanya makan satu jenis makanan saja sepanjang hidupnya, hal ini tidaklah baik karena berarti sepanjang hidupnya ia tidak pernah mendapatkan nutrisi yang cocok sehingga hanya mengkonsumsi satu jenis makanan saja, oleh karena itu peran kamu sebagai pemilik haruslah benar benar diperhatikan dalam jenis ini agar asupan makanan yang ia terima bisa memenuhi kandungan nutrisi harian.

Pilih tempat tinggal yang baik untuknya

Jika kamu hendak mencari kandang sugar glider pastikan bahwa kamu memberikan kandang dengan ukuran tinggi yang cukup, kami menyarankan kamu memberikannya kandang dengan ukuran 20″ x20″ x 40″ agar ia tetap bisa bergerak dengan baik sehingga terhindar dari stress yang bisa mempengaruhi nafsu makannya, untuk suhu ruangan bisa kamu sesuaikan dari 15 hingga 30 derajat celcius.

Seperti pada habitatnya yang mana ia akan naik ke atas pohon untuk makan, sebaiknya kamu meletakan makanannya pada bagian atas kandang sehingga bisa memberikan pengalaman yang sama ketika ia sedang berada pada habitat aslinya, mereka juga membutuhkan tempat bersarang untuk dipakai tidur didalam hari, kamu bisa membuatkannya dari bahan kain ataupun plastik seperti layaknya tempat pada hewan hamster.

Hewan satu ini juga sangat menyukai mainan sehingga pastikan didalam kandangnya selalu tersedia mainan yang bisa ia pakai guna berolahraga atau menghilangkan penat, kamu bisa memasukan sebanyak apapun itu didalam kandang hewan ini asalkan bisa masuk kedalamnya, mainan berupa mainan burung, tangga, lonceng, roda berputar dan terowongan adalah pilihan yang baik untuk diletakan kedalam kandangnya.

Untuk lebih khawatir terhadap faktor kesehatan

Banyak orang berfikir bahwa hewan kecil seperti sugar glider tidak memerlukan pergi ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan, namun sebenarnya ada beberapa masalah yang bisa menjangkit hewan satu ini yang diantaranya adalah :

  • Kekurangan Kalsium : Jika hewan sugar glider kamu tidak diberikan diet dan nutrisi yang tepat maka mereka akan menunjukan gejala seperti lemas dan berakhir pada kelumpuhan, oleh karena itu kalsium bagi hewan ini sangatlah diperlukan dan jika hewanmu terlanjut sudah kekurangan kalsium, sebaiknya kamu membawanya secepat mungkin ke dokter hewan karena sangat berbahaya untuk kesehatannya.
  • Diare : Jika diet tidak mengandung cukup serat, dan setelah kamu lihat perutnya sedikit buncit dan juga keras, dan kotorannya cair serta mengeluarkan bau yang berbeda dari biasanya, itu berarti hewan ini sedang mengidap diare, kamu juga perlu untuk membawanya ke dokter hewan karena binatang ini sangat rapuh pada bagian pencernaannya.
  • Cedera : Ini biasanya didapatkan ketika kamu sedang melatih mereka untuk melompat dari satu tempat ke tempat lain, kadang latihan juga bisa membuatnya mengalami luka sobek pada kulit, memar dan bahkan patah tulang, kamu harus melihat secara benar apakah luka tersebut cukup serius apa tidak, jika dirasa cukup serius, jangan ragu ya untuk membawanya ke klinik hewan.

Sekian sudah artikel cara merawat sugar glider yang baik dan benar, semoga setelah kalian membaca artikel ini kamu bisa menjadi lebih mengerti seperti apa merawat yang benar dan tentunya baik sehingga bisa membuat kesehatan serta mental yang baik untuk peliharaanmu.

Cara merawat sugar glider sebenarnya sangatlah mudah, semua tergantung dari niat kamu sendiri.