Masyarakat indonesia seringkali salah menilai tentang kucing anggoa, yang seringkali dinilai sebagai kucing anggora dari masyarakat indonesia adalah ras mix breed antara persia dan juga indonesian domestic cat, persilangan keduanya memang mirip seperti ras turkish van dan juga ras anggora. Cara merawat kucing anggora sendiri sebenarnya tidaklah sulit, apalagi jika anggora yang dimaksud adalah ras mix breed.

Trah angora biasanya dianugerahi bulu medium yang memusatkan panjang bulunya pada buntut, warna dari ras ini biasanya adalah putih dengan corak mata odd eyed yang sangatlah khas.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum mengadopsi kucing anggora

Sebelum kamu hendak melakukan adopsi terhadap trah ini atau kucing manapun, kami menyarankan untuk kalian selalu mempersiapkan beberapa hal yang akan kami bahas dibawah ini terlebih dahulu, hal tersebut dikarenakan kucing yang baru berpindah rumah akan cenderung mengalami stress maka dari itu butuh perawatan agar ia bisa lepas dari masa stress itu, alasan lainnya adalah agar si kucing bisa tumbuh dengan baik karena apa yang diperlukan semuanya sudah tersedia.

Berikut adalah hal yang harus dipersiapkan ketika hendak ingin mengadopsi kucing :

  1. Makanan Kucing
    Makanan kucing adalah hal yang sentral dalam perawatan, tubuh dari binatang ini yang sensitif membuatnya tidak dapat menerima variasi makanan yang cukup banyak, solusinya adalah ketika kamu hendak mengadopsi, kamu harus bertanya kepada pemilik sebelumnya, ia memakan makanan merk apa? tujuannya agar kamu bisa membelikan makanan yang sama sehingga tidak ada proses adaptasi, namun jika ternyata makanan sebelumnya kamu tidak suka entah karena harga atau kandungan, kamu bisa membeli makanan lain namun berikan dengan cara dicampur terlebih dahulu dengan makanan yang lama agar ia terbiasa.
  2. Persiapkan Litter Box
    Litter box kucing sangatlah penting terkecuali kamu ingin mereka buang air sembarangan di rumahmu, ketika sudah memiliki litterbox, sebaiknya kamu letakan ditempat yang mudah dijangkau dan juga tidak terlalu jauh dari tempat makan nya.
  3. Persiapkan Shampo & Gunting Kuku Kucing
    Shampo dan Gunting kuku kucing akan sangat berguna untuk proses grooming, ketika kamu sudah membeli shampo dan gunting kukunya ini akan sangat memudahkan kalian karena ketika kamu rasa kukunya kotor dan juga ia sudah bau, kamu bisa langsung mengambil tindakan.
  4. Beli Pasir Zeolit
    Pasir zeolit adalah pasir yang nantinya akan kamu taruh di tempat litter box, zeolit kami sarankan karena memiliki struktur yang tidak berbahaya bagi kucing serta memiliki harga terjangkau dan juga khasiatnya cukup bagus.
  5. Siapkan Kandang
    Kami tidak menyarankan kamu untuk memasukan kandang kucing kalian, kandang disini adalah antisipasi ketika banyak tamu datang atau sedang ada proses perbaikan dirumah, sebaiknya dalam kondisi ini kamu memasukan kucing kedalam kandang, karena jika tidak ia akan stress karena lingkungannya yang berubah.

Setelah semua persiapan sudah siap, kami rasa kamu sudah bisa mengadopsi peliharaan dirumah kamu, persiapan yang matang akan membawa kebahagiaan untukmu dan hewan yang kamu pelihara.

Cara merawat kucing anggora

Cara merawat kucing anggora yang memiliki bulu medium sebenarnya tidaklah sulit, kamu hanya akan menghabiskan sedikit waktu untuk merawatnya, yang paling menyita adalah waktu untuk bermain, jadi kamu tidak usah khawatir ketika menjalin komitmen untuk mengadopsi namun takut tidak memiliki waktu.

Berikut adalah cara merawat kucing anggora :

  1. Lakukan sisir menggunakan sisir magnetik paling tidak 1 minggu sekali guna menghilangkan rambut yang rontok agar tidak berserakan.
  2. Mandikan kucing anggora ketika ia sudah sangat kotor atau 1 bulan sekali, jangan terlalu sering karena intensitas yang diluar dari kewajaran tidak baik untuk kucing.
  3. Gunting kuku cukup perlu karena ketika kuku mereka panjang, mereka bisa mencakar kamu atau barang prabotanmu.
  4. Lakukan sikat gigi setidaknya satu bulan sekali guna menghindari karang gigi, karena sesuai dengan riset, kucing yang memakan makanan kering akan berpotensi terjadi penumpukan karang gigi.
  5. Ajaklah bermain kucing ketika kamu ada waktu, sejatinya kucing anggora merupakan ras yang sangatlah suka dengan permainan, oleh karena itu baiknya kamu mempersiapkan alat permainan agar nantinya kamu bisa menghabiskan waktu dengan hewan kesayanganmu.
  6. Berikan makan secukupnya karena obesitas bagi kucing jauh lebih berbahaya dibandingkan obesitas pada manusia.
  7. Sediakan litter box di tempat yang mudah dijangkau, dan sebaiknya letakan di arena yang tidak terlalu jauh dari cat bowlnya.

Bagaimana? apakah cara merawat kucing anggora itu sulit? tentunya saja tidak karena perawatan seperti ini masih sangat wajar bagi para pemilik binatang, jika kamu rasa ini berat kamu cukup menjalani saja karena ketika kamu terbiasa semuanya akan terlihat lebih ringan, namun jika ternyata masih gagal, kami rasa kamu memang tidak cocok untuk memelihara binatang.

Kucing Turkish Angora