Cara merawat hamster sangatlah mudah karena hewan satu ini tidak memerlukan sentuhan yang sangat rutin guna menunjang kesehatannya, namun walaupun seperti itu, hamster bukanlah hewan yang cocok dipelihara oleh anak kecil karena mereka memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil dan sangat rentan mendapatkan perlakukan kurang baik dari anak.

Hamster masuk dalam kingdom Animalia, kelas Mammalia dan termasuk dalam family Cricetidae, hamster sendiri memiliki 18 spesies yang diklasifikasikan dalam 7 genera, kini hewan satu ini telah menjadi hewan peliharaan kecil yang sangat populer dirumah, spesies hamster yang paling terkenal adalah hamster emas atau hamster suriah, yang merupakan jenis paling umum untuk dipelihara.

Cara Merawat Hamster Yang benar

  1. Jenis Hamster : Seperti layaknya hewan seperti kucing, beda spesies membutuhkan penanganan atau perawatan yang berbeda, seperti halnya hamster suriah, mereka tidak bisa hidup berpasangan karena mereka akan saling berkelahi guna mendapatkan kekuasaan wilayah. Menurut cindy cribbs dari asosiasi hamster, jenis rusia dan cina juga merupakan spesies yang populer walaupun mereka juga memiliki sifat teritorial, namun mereka bisa untuk berpasangan dengan baik. Jadi selain dari jenis yang tadi kami sebut kamu bisa memeliharanya berpasangan.
  2. Siapkan Kandang : Kandang yang cocok untuk hewan satu ini ada pada ukuran 15inch x 12inch, namun jika kamu memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk menyiapkan kandang yang lebih besar, semakin besar semakin baik, dan pastikan bahwa didalam kandangnya terdapat tempat bermain roller dan mainan lainnya.
  3. Siapkan Tempat tidur : Tempat tidur bagi hewan ini merupakan salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan karena tanpa tempat tidur yang nyaman mereka akan sulit dan menolak untuk tidur dan berakhir pada stress dan turunnya indikator kesehatan pada tubuhnya. Tempat tidur yang baik untuk hamster harus terbuat dari serat kertas berbasis selulosa atau nabati, karena bahan ini memiliki aroma yang sangat disukai oleh hamster guna dijadikan sebagai alas tidur.
  4. Siapkan Mainan didalam kandang : Hamster merupakan hewan yang sangat suka berolahraga dan bergerak, oleh karena itu kita harus menyediakan tempat bermain yang bisa dijadikan tempat berolahraga untuknya seperti roller ataupun papan lompat, dengan memberikan mereka tempat bermain, kamu sama saja dengan menjauhkan hewan ini dari stress yang bisa berdampak kurang baik bagi kesehatannya.
  5. Siapkan makanan untuknya : Di era sekarang terdapat makanan kantung untuk hamster yang sudah diformulasikan guna memenuhi nutrisi harian, namun pada dasarnya mereka adalah pemakan buah-buahan, sayuran dan juga biji-bijian, dan yang paling penting adalah kamu harus selalu menyediakan air guna melancarkan pencernaannya.

Tidak semua sayuran hijau, buah baik untuk hamster. Sayuran yang baik untuknya adalah Brokoli, peterseli, apel, pir, wortel dan juga lobak, kamu harus menghindari memberikan mereka makanan seperti bawang, daun bawang, daun selada, kentang mentah dan jeruk karena hewan ini sangat rentan dengan diabetes oleh karena itu sangat dilarang untuk kalian memberikan makanan yang mengandung banyak gula didalamnya.

Cara membersihkan Hamster

Hal penting dalam cara merawat hamster yang lain adalah dengan memastikan kandang dan tubuhnya selalu ada dalam keadaan yang bersih, dan berikut kami berikan tips cara membersihkan hamster :

  1. Jaga kandang hamster untuk tetap bersih. jika dilihat sudah kotor kamu harus segera untuk membersihkannya tanpa harus menunggu waktu karena mereka adalah hewan yang akan terus berjalan dan duduk dikandang sepanjang hari, oleh karena itu menjaga kebersihan kandang merupakan hal yang harus diperhatikan.
  2. Beri waktu hamster kamu untuk merawat dirinya sendiri. Dalam kebanyakan kasus, hamster bisa untuk merawat dirinya sendiri, jika kamu melihat tubuhnya kotor, tidak ada salahnya kamu untuk memberikannya waktu untuk membersihkan dirinya sendiri, namun dengan catatan bahwa kandangnya sudah terlebih dahulu bersih.
  3. Gunakan Bak debu jika cuaca sangat dingin, Menempatkan hamster didalam air dalam proses pembersihkan dapat menyebabkan hewan ini sakit, jika memang diperlukan kamu bisa membawa hamster kedalam kotak yang dipenuhi oleh serabut halus debu bernama chincilla sebagai pengganti air dalam proses pembersihan.

Artikel satu ini dibuat oleh Ananda yang baru berusia 14 tahun, jika dirasa ada perkataan yang salah atau kurang baik bisa dicantumkan di komentar agar nantinya bisa menjadi bahan pelajaran untuk ananda, untuk kalian yang juga mau menjadi kontributor website infobinatang.com seperti yang dilakukan ananda dalam artikel cara merawat hamster bisa kirimkan email ke admin@infobinatang.com dan pihak kami akan menghubungi kamu segera.

Youtube