Burung kenari adalah burung sosial dengan warna yang sangat cerah, nama mereka diambil dari tempat dimana mereka berasal yaitu dari kepulauan Canary, mereka sangat terkenal dengan kekokohannya sebagai hewan kecil yang bisa hidup diantara 10-15 tahun lamanya, dengan pengetahuan cara merawat burung kenari yang benar, akan membuat sifat dari burung ini menjadi ramah dan jauh dari kata destruktif.

Cara Merawat Burung Kenari

Setidaknya ada 3 tahap yang harus kamu perhatikan dalam cara merawat burung kenari, dimulai dari tempat tinggal atau kandang, lalu diikuti oleh makanan dan yang terakhir adalah tentang keberlangsungan hidup dan kesehatan dari burung itu sendiri, semua sudah kami rangkum disini dan berikut adalah cara merawat burung kenari :

  1. Beli Kandang yang cukup besar
    Burung kenari memili sifat sangat suka untuk terbang dari satu sisi ke sisi lainnya, sangatlah penting untuk kamu sebagai pemilik menyediakan kandang yang cukup besar agar burung ini bisa terhindar dari stress karena tidak bisa terbang, kami menyarankan kamu untuk memberinya sangkat dengan ukuran 16inchi dan juga lebar 30inchi, semakin lebar kandang yang diberikan semakin baik pula seharusnya bagi kesehatan hewan satu ini.

    Dalam meletakan kandang burung kenari, pastikan bahwa kandangnya selalu terpapar sinar matahari dan emmiliki ventilasi yang baik namun tidak banyak terdapat angin, olehnya kami menyarankan untuk menjauhi pintu atau jendela karena kedia tempat tersebut merupakan lalu lintas angin dan juga cukup gaduh, lalu hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah gantungkan kandangnya dalam ketinggian 6 kaki, karena ketinggian ini merupakan ketinggian yang wajar untuk burung kenari di alam bebasnya.

    Bersihkan kandang secara teratur guna menghindari bau dan penyakit yang ada, lapisi bagian bawah kandang kamu dengan koran agar kamu semakin mudah membersihkannya, setiap hari kamu harus mengganti koran ini dan air bersih untuknya minum, dalam hal merawat burung kenari, kebersihan kandang sangatlah penting karena hewan ini sangat rentan terhadap penyakit.
  2. Makanan Burung Kenari
    Yang kamu harus perhatikan dalam merawat hewan ini adalah dengan selalu memberikan air terhadap hewan ini, kenapa air sangatlah penting? hal tersebut karena hewan ini bisa mati jika 24 jam tidak mendapatkan air minum, oleh karena itu kami menyarankan untuk memberikan tempat minum yang besar sehingga potensi ia kehabisan air bisa semakin minim.

    Beri makan pelet untuk burung kenari kamu, pelet adalah pengganti makanan biji dari kenari yang sangat ia sukai karena dirancang dengan rasa yang enak menurutnya dan juga memiliki protein serta vitamin yang mencukupi, namun jika burung kamu dibesarkan dengan tidak memakan pelet, ia kemungkinan besar akan menolak untuk memakannya, disini kamu bisa mengakalinya dengan melakukan transisi secara perlahan selama waktu hingga 3 bulan.

    Burung kenari juga membutuhkan snack untuk cemilan dan sumber nutrisi, kami menyarankan kamu untuk memberikan biji bijian untuk burung kenari karena dialamnya, biji bijian adalah makanan favoritnya, dan yang terakhir adalah karena hewan ini termasuk hewan yang sangat suka makan, potensinya untuk obesitas sangat besar, dan peranmu untuk mengontrol sangat diperlukan disini.
  3. Membuat Burung Kenari bahagia dan tetap sehat
    Seperti layaknya hewan seperti kucing, mereka juga membutuhkan mainan dan hiburan didalam sangkarnya, dalam kasus ini kamu bisa memberikan ayunan atau tempat mengumpat, kamu jangan memberikan banyak mainan karena itu hanya akan mengacaukan dan membuatnya terdistraksi dengan banyak hal.

    Di alam liar, burung kenari suka berguling-guling dirumput basah, mereka juga sangat suka menempatkan dandelion basah dan juga rumput dibawah kandangnya. Kenari juga membutuhkan mandi, dalam memandikannya kamu perlu untuk memakai air hangat karena burung ini cukup rentang terhadap penyakit dan tidak bisa terkena dingin dalam waktu yang cukup lama.

Sekian artikel kami tentang cara merawat burung kenari bagi pemula, kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas sebagai acuan kamu dalam merawat hewan jenis ini, sejatinya hewan ini merupakan hewan yang sangat mudah dirawat sehingga sisanya ada kepada pemiliknya karena meskipun mudah namun jika tidak dilakukan, kesehatannya juga pasti akan terganggu.

Cara Merawat Burung Kenari