9 Cara merawat Anjing – Sebagai pemilik sudah memang seharusnya kita melakukan yang terbaik untuknya, namun terkadang kita juga melakukan kesalahan yang tidak disengaja sehingga memuat mereka menjadi stress dan berdamlpak kepada kesehatannya. namun jangan khawatir, karena didalam artikel ini kami sudah merangkum 9 cara merawat anjing yang benar sehingga membuatnya terlepas dari stress.

Cara merawat anjing yang baik dan benar

Sebagai pemilik sudah seharusnya kita mengetahui dengan sangat betul tentang cara merawat anjing yang benar, karena perlakuan yang salah dapat membuat anjing menjadi stress dan mengalami sifat desktruktif sehingga mungkin akan tidak cocok dengan sifat manusia, dan berikut adalah cara merawat anjing yang benar :

  • Perkenalan dengan pemilik

Yang pertama kamu harus lakukan setelah pasca melakukan adopsi adalah melakukan perkenalan, perkenalan yang baik merupakan awal dimana ikatan antara pemilik dan hewan peliharaan berkembang. Perkenalan yang kami anjurkan adalah ketika mereka sedang dimasa adaptasi langsung dekati mereka, elus dan ajak main, buat mereka nyaman seperti sudah mengenal lama siapa dirimu.

  • Menyiapkan Makanan

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan makanan anjing yang cocok dengan tipe mereka serta yang mereka sukai, pemberian makan bisa sangat vital karena ketika kamu salah memberikan makan terhadap anjing, mereka bisa menjadi stress dan mengalami gangguan pencernaan, tips dari kami dalam menyiapkan makanan yang tepat adalah dengan bertanya kepada pemilik sebelumnya tentang merk apa yang biasanya dikasih terhadapnya sehingga mereka tidak perlu adaptasi terhadap makanan lagi.

  • Menyiapkan peralatan perawatan

Hal selanjutnya adalah dengan menyiapkan peralatan seperti sisir, shampo dan juga litter box, sisir sangat diperlukan mengingat anjing sangan rentan terkena penyakit kulit dan oleh karena itu harus seringkali disisir, lalu shampo juga sama pentingnya karena mandi tanpa memakai shampo hanya membuat mantel bulunya rusak dan yang terakhir adalah litter box, ini sangatlah penting karena dengan adanya litter box seharusnya anjing kamu bisa buang air tanpa mengganggu lingkungan.

  • Siapkan waktu Untuk bermain dan berolahraga

Anjing yang seringkali mengikuti rentetan kegiatan bermain dan berolahraga akan tumbuh menjadi sosok yang penyayang, oleh karena itu sangat penting bagi pemilik untuk selalu memberikan waktu dengan mereka dengan bermain dan berolahraga, selain itu olahraga juga dapat membuat tubuh dari si anjing sehat dan terhindar dari stress.

Cara merawat Anjing tidak boleh dilakukan

1. Berikan Hukuman untuk perilaku keras kepala, Hiperaktif dan tidak terkendali

Ini adalah salah satu cara paling buruk yang bisa dilakukan oleh para pemilik anjing, Anjing yang dicap sebagai anjing jahat atau juga mempunyai perilaku buruk biasanya adalah anjing yang belum sempat mendapatkan pelatihan dan juga olahraga sehingga tidak memiliki kebiasaan sebagai anjing baik, jika seekor anjing menunjukan perilaku seperti berikut mari tengok diri kalian sendiri, apa kamu sudah memberinya pelatihan dan olahraga yang cukup?

Ketika hewan ini mengekspresikan perilaku yang tidak seharusnya dilakukan seperti melakukan lompatan ke atas kepala manusia atau perabotan yang mengakibatkan adanya barang yang pecah mereka sebenarnya sedang menunjukan tanda kecemasan dan juga frustasi.

Dalam kasus ini kamu bisa melakukan beberapa dan yang terbaik adalah dengan meluangkan waktu untuk bersama, berikan kasih sayang agar kedekatan emosi dan empati kalian bisa terbentuk, dan jangan lupa untuk memberikannya hadiah ketika ia berbuat baik, ini akan sangat membantu dalam membangun fondasi kepercayaan dan rasa saling menghormati sehingga sikap yang dikeluarkan bisa sangatlah bersahabat.

2. Mengganggu Kenyamanan Anjing

Kita mungkin seringkali melihat anjing yang diikat didalam sebuah pos atau tempat umum ketika kamu hendak sedang mengunjungi toko atau rumah kerabat, ini adalah perilaku cara merawat anjing yang salah dan tidak boleh dilakukan.

Anjing juga bisa berperilaku gelisah ketika ia dibiarkan sendirian di depan umum, dan akan berdampak kepada kenyamanannya, orang-orang mungkin secara cepat akan berfikir bahwa jika anjing di ikat didepan umum atau dibiarkan sendiri didepan rumah karena memang keluarga atau orang tersebut ingin menjadikan anjing sebagai hewan penjaga, namun yang harus diperhatikan, memelihara anjing penjaga tidak perlu dengan cara ikat, karena dengan mengikatnya bagaimana ia bisa menjaga rumah?

Perilaku pemilik yang seperit ini akan membuat anjing menjadi desktruktif dan asing terhadap orang lain sehingga menimbulkan sifat yang kurang bersahabat, dalam kasus ini tolong jangan salahkan anjingnya yang bersikap demikian, tapi cobalah lihat dirimu sendiri bahwa ini semua adalah dampak dari cara merawat anjing yang salah.

3. Tidak Mengajaknya bermain

Anak anjing sanatlah butuh bermain karena itu adalah bagian yang sangat penting dari kehidupannya, namun kami disini menilai bahwa permainan yang diberikan bersikap adil dan tidak menyiksa hewan tersebut, jangan bermain terlalu lelah karena jika hal tersebut yang terjadi, anjing akan merasa bahwa bermain adalah hal yang negative, jadi sesuaikan porsinya ya.

Membiasakan untuk selalu bermain juga sangat penting guna meningkatkan empati dan emosi dari pemilik dan

4. Jangan panggil ketika ia sedang salah

Ketika mereka sedang melakukan kesalahan, kami menyarankan agar kalian tidak memanggilnya karena ketika kamu melakukan hal tersebut, anjing akan berperilaku tidak tepat dan bisa saja mereka malah akan mengabaikan sehingga akan memperkuat sifat keras kepalanya.

Jenis anjing yang membutuhkan olahraga lebih sering

  1. Australian Shepherd
  2. Laborador Retriever
  3. Golden Retreiver
  4. Wemaraner
  5. Rhodesian Ridgeback
  6. Dalmation
  7. Border Collie
  8. Siberian Husty
  9. German Shepherd
  10. Boston terrier
  11. Jack Russel Terrier
  12. Pointer
  13. Catahoula Leopard dog
  14. Irish Setter
  15. Boxer
  16. Akita

Foto-Foto