Kutu merupakan problem yang sudah sangat lazim pada hewan peliharaan terutama Anjing, maka dari itu sebagai pemilik sudah seharusnya kamu mengetahui cara menghilangkan kutu anjing dengan benar dan cepat, sehingga ketika anjingmu terjangkit kutu, kamu tidak harus panik dan kaget karena sudah tau apa yang harus dilakukan.

Resiko terkena kutu akan sama besarnya untuk puppies atau anjing senior karena pada dasarnya kutu sangat senang memakan darah anjing dan ketika mereka sudah menemukan sumber makanannya mereka akan bereproduksi dan memulai membangun suatu koloni sendiri, Kutu adalah parasit nomor satu pada anjing dan juga kucing sehingga sudah sewajibnya para pemilik tau cara menghilangkan kutu anjing.

Bagaimana mengetahui apakah anjing sudah terjangkit kutu atau belum

Kutu yang bersikap diam diam kedatangannya tidak akan bisa diketahui oleh manusia ataupun anjing itu sendiri karena bisa saja kutu ini berasal ketika mereka sedang berjalan-jalan atau ketika sedang melakukan tidur pada tempat yang kotor, dan bahkan karena melakukan kontak dengan manusia, namun jangan khawatir karena tanda-tandanya tetap bisa di ketahui, dan berikut adalah tanda-tanda anjing terjangkit kutu :

  1. Anjing menjadi sering menggaruk tubuhnya
  2. Anjing sering mengigit tubuhnya
  3. Terjadi kerontokan Bulu
  4. kotoran kutu menyerupai lada hitam yang keras
  5. Terdapat parasit coklat yang jika diamati akan bergerak melompat
  6. Gusi anjing akan menjadi lebih pucat dibandingkan biasanya
  7. Terdapat benjolan merah
  8. Menjadi gelisah dan juga gugup

Transformasi Kutu pada Anjing

cara menghilangkan kutu anjing

Dan di atas adalah gambar bagaimana kutu pada anjing bertransformasi dan berkembang biak, dimana pada awalnya akan berupa telur, lalu menjadi larva, lalu menjadi pupa dan pada akhirnya menjadi kutu dewasa yang sangat membuat anjing gatal dan tersiksa.

Perlakuan pemilik dalam cara menghilangkan kutu anjing

Melawan kutu pada anjing bisa memakan emosi yang cukup besar dan perlu menghabiskan waktu cukup lama. Penting untuk merawat tubuh anjing terlebih dahulu karena ketika terjangkit akan sangat menyulitkan karena mereka mengganggu, keras kepala dan akan terus kembali, dan berikut yang pemilik harus lakukan :

  • Rawat Anjing kalian dengan perawatan kutu oral berbentuk semprot yang jelas akan bekerja cepat membasmi kutu nakal
  • Gunakan Sisir dengan kerapatan cukup kecil untuk menjatuhkan kutu yang sudah mati serta membunuh yang sedang sekarat
  • Mandikan anjing kalian dengan sampo kutu khusus yang sudah diformulasikan melawan kutu
  • Rawat anjing kalian dengan semprotan anti kutu karena yang sudah terjangkit akan sangat berpotensi besar terjangkit kembali, dikarenakan mungkin saja rumah kalian sudah terjatuhi kutu-kutu ketika ia menggaruk sehingga berpotensi mereka akan terjangkit lagi
  • Lakukan sisir setiap minggu untuk pencegahan dan pemantauan

Komponen penting untuk membantu menyingkirkan kutu pada anjing adalah dengan mencegah mereka datang kembali dengan pencegahan semprot, pencegahan kutu yang efektif dapat memutus siklus dari hidup kutu sehingga lingkungan juga akan bebas dengan kutu.

Perhatikan Lingkungan dalam upaya cara menghilangkan kutu kucing

Jika ada riwayat kutu pada peliharaan kamu, sangat besar memiliki kemungkinan bahwa peliharaanmu akan terjangkit kutu kembali. Kutu akan bertelur di anjing kamu dan akan jatuh ketika mereka tidur disofa, bersantai dikamar atau ketika mereka berkeliaran dihalaman belakang, kutu dewasa hanya sebagian kecil dari serangan kutu yang pada umumnya dilakukan, sehingga beberapa langkah tambahan bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan kutu anjing.

Ketika sudah ada anjing yang terjangkit, sebaiknya kamu melakukan vakum kepada semua lantai dan karpet dirumah sebagai antisipasi ada kutu yang terjatuh dan berpotensi hinggap di tubuh anjing lagi, selanjutnya adalah dengan melakukan cuci terhadap semua perabotan yang berbahan kain untuk melakan proteksi ganda dan yang terakhir adalah dengan menyemprotkan cairan anti kutu sehingga akan memutus siklus hidup dari kutu itu sendiri.

Dengan adanya pencegahan-pencegahan berikut, seharusnya anjing anda dengan cepat bisa terbebas dari kutu yang sangat mengesalkan serta mencegah mereka untuk datang kembali dan mengganggu kehidupanmu dengan peliharaan.

Kewaspadaan yang ada juga harus dikombinasikan dengan perlindungan pencegahan kutu sehingga ketika semua dilakukan secara bersamaan akan menghasilkan dampak yang sangat signifikan, pastikan untuk mengatur pengingat dan menerapkan produk perawatan kutu pada anjing.

Dampak Negatif Kutu pada anjing

Kutu membawa dampak negatif yang perlu untuk kamu khawatirkan, dampak tersebut bersifat jangka panjang dan juga jangka pendek yang pastinya akan menyita perhatian biaya dan juga waktu, berikut adalah dampak negatifnya :

  1. Anjing menjadi tidak bersahabat
  2. Sifat anjing menjadi berubah
  3. Nafsu makan yang menurut
  4. Berat badan yang menurut
  5. Tidak mau diajak bermain
  6. Terdapat koreng atau luka pada tubuh
  7. Menjadi agresif
  8. Pemilik harus mengeluarkan biaya lebih
  9. Menyita banyak waktu
  10. Potensi bawa hubungan pemilik dan hewan menjadi renggang
  11. Dapat menular kepada peliharaan lain
  12. Menjadi bau

Video cara menghilangkan kutu pada anjing