Bulu Anjing Rontok – Sebagai pemilik pastinya kita selalu menginginkan keadaan terbaik menghampiri hewan yang kita sayangi, namun terkadang adapula hal tidak terduga tidak terjawab menghampiri dan salah satunya yang paling sering adalah kenapa bulu anjing saya rontok? padahal saya sudah memberikan makanan anjing yang penuh dengan nutrisi, dan dia juga tidak dalam keadaan stress, nah, di artikel ini kami akan membahas semua kemungkinan kenapa hal tersebut dapat terjadi dan cara mengatasi bulu anjing rontok sebagai pedoman para pemilik.

Apa yang menyebabkan bulu anjing rontok?

Alergi penyebab bulu anjing rontok

Melihat seekor anjing kehilangan rambut bisa menjadi situasi yang sangat membingungkan. Namun apa yang paling utama harus dilakukan ketika sedang berhadapan dengan alopecia atau bulu anjing rontok secara medis adalah dengan melakukan identifikasi penyebab rambutnya bisa menjadi rontok dan hasil identifikasi tersebut dibawa kedalam rencana pengobatan sehingga yang dilakukan menjadi tepat, dalam artikel ini kami sudah merangkumnya untuk kamu, berikut adalah 5 penyebab umum hal yang menyebabkan bulu anjing rontok :

1. Alergi

Alergi seringkali memang menjadi penyebab bulu anjing rontok, ini bisa terjadi karena dipicu oleh lingkungan yang didalamnya terdampar oleh serbuk sari, jamur, tungau dan penuh dengan debu, selain hal tersebut, alergi juga bisa dipicu oleh parasit ataupun kutu.

Gejala Khas dari dari reaksi anjing yang terkena alergi adalah mencakup gatal-gatal dan seringkali menggaruk, menggit dan diakhiri dengan rambut rontok berlebihan. Dalam kasus alergi yang disebabkan oleh kutu, kami menyarankan agar anjing peliharaanmu bisa menggunakan pencegahan kutu anjing sebagai cara untuk meminimalisis kerusakan bulu yang parah.

2. Infeksi

Infeksi dengan parasit seperti kutu dan tungau (kudis) adalah sumber lain dari terjangkitnya kucing pada alopecia, dalam kasus anjing yang terkena infeksi pada kulit, akan terlihat sedikit kebotakan pada bagian telinga, mata, perut dan juga dada, selanjutnya biasanya diikuti dengan peradangan, gatal dan juga banyak pola kemerahan dalam kulitnya.

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan juga jamur juga bisa dikaitkan dengan kebotakan pada bulu anjing karena infeksi seringkali tidak hanya membuat bulu anjing rontok namun bisa lebih parah daripada hal tersebut.

3. Penyakit Cushing

Hal lainnya yang bisa menyebabkan kerontokan adalah Hyperadrenocorticism yang juga seringkali dikenal sebagai penyakit Chusing, penyakit ini adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh paparan yang cukup lama oleh jaringan tubuh ke tingkat hormon kortisol dengan jumlah berlebihan.

Gejala penyakit cushing termasuk rambut rontok, adanya penggelapan pada bagian kulit dan perutnya menjadi buncit. Penyakit ini seringkali terjadi pada anjing yang umurnya sudah cukup tua sehingga memang daya tahannyapun sudah cukup menurun, namun dalam beberapa kasus anjing yang seringkali menggunakan obat kortikosteroid juga mengalami hal tersebut.

4. Genetik

Ada beberapa ras anjing yang jika dilihat secara genetik akan sangat rentan terhadap kerontokan dibandingkan ras lainnya, pertama adalah ras crested china, lalu ada mexican hairless dan juga american hairless terrer. Anjing dari ras lain seperti doberman pinscher dan juga chihuahua kadang-kadang juga mengalami kebotakan pada bagian dada, punggung, paha dan juga leher bagian bawahnya.

5. Luka

Luka ulkus atau luka baring adalah cidera yang terlokasikan dibagian titik yang mana terdapat tekanan pada tulang lainnya seperti pinggul. Sentuhan antar tubuh membuat gesekan yang konstan sehingga kulit menjadi kalus dan kehilangan rambut dan terkadang juga diikuti dengan retak dan juga darah, luka bertekanan lebih sering terjadi pada anjing ras besar.

Cara mengatasi dan mengobati

Setelah tahu apa yang paling sering menjadi pokok permasalahan kerontokan bulu pada anjing, selanjutnya kamu harus tau cara mengatasi dan mengobatinya agar masalah ini bisa terselesaikan dan anjing kalian bisa menjadi sehat kembali dan berikut adalah cara mengatasinya :

1. Berikan makanan terbaik

Makanan merupakan faktor pendukung yang bisa mencegah kerontokan bulu pada anjing, untuk mengetahui makanan anjing terbaik kamu bisa datang kehalaman ini : Link Artikel Makanan Anjing.

2. Sesuaikan Suhu dengan jenis anjing

Suhu juga merupakan faktor yang jika kalian bisa penuhi, kesehatan bulu dari anjing akan menjadi lebih baik, kenapa suhu penting? karena mantel bulu dari masing masing anjing membutuhkan suhu yang beragam dan ketika tidak sesuai, minyak alami dari si anjing tidak bisa memberikan asupan yang cukup bagi mantel bulunya.

3. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan juga merupakan hal penting lainnya yang harus diperhatikan dimana ketika kebersihan bisa dijaga, anjing bisa terhindar dari kutu, tungau atau parasit lainnya yang bisa membuat infeksi dan juga luka pada bulu sehingga bulu menjadi rontok, sebagai pemilik ini adalah bagian terpenting yang harus kamu lakukan.

4. Periksa kesehatan ke Vet

Yang terakhir adalah ketika kamu melihat tanda atau indikasi penyakit kulit yang mengakitbatkan bulu rontok, sebaiknya kamu segera membawannya ke vet guna mendapatkan diagnosa dan pengobatan karena selain faktor pencegahan seperti di atas, ada faktor lain yang tidak bisa dicegah seperti usia dan hal lainnya.

Manfaat ketika bulu anjing sehat

  1. Rumah menjadi bersih dari bulu rontok
  2. Nafsu makan anjing meningkat
  3. tidak mudah stress
  4. Tidak mengganggu ispa
  5. Kecantikan anjing terjaga
  6. Tidak keluar biaya tambahan
  7. Dog bowl tidak penuh dengan bulu
  8. Anjing menjadi lebih ceria
  9. mudah dan mau diajak olahraga
  10. Anjing menjadi tidak berisik
  11. Bulu anjing menjadi berkilau
  12. Tidak memancing penyakit kulit lain
  13. Nafsu makan anjing meningkat
  14. Anjing menjadi lebih sayang dengan pemilik
  15. Kebanggan karena anjingnya berpenampilan baik
  16. Bisa post foto bersama anjing di socmed
  17. Tidak berpotensi menularkan ke binatang lain
  18. Tidak berpotensi menularkan kutu ke manusia