Apakah kucingmu termasuk yang akan lari ketika hendak ingin dipotong kukunya? atau kamu sampai harus perlu memasangkan handuk hangat pada kepalanya agar dia tenang dan bisa di potong kukunya? Jika iya, kamu harus membaca artikel ini, karena kami akan menjelaskan cara memotong kuku kucing dengan baik dan juga benar.

Sesi pemangkasan pada kuku kucing seharusnya berjalan dengan baik, karena kamu seharusnya melakukan sesi ini setiap bulannya, bayangkan ketika setiap bulan kamu selalu mendapatkan perlawanan dari sang kucing, pasti sangat merepotkan dan juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental si kucing.

Berikut adalah cara memotong kuku Kucing dengan baik dan benar

  1. Mengatur Mood
    Sejatinya ketika kamu ingin semuanya berjalan lancar, kamu harus mengenalkan potongan kuku kucing sejak mereka masih kitten, bangunlah kebiasaan dimana agar kedepannya mereka tidak pernah melakukan perlawanan ketika sedang melakukan sesi.

    Jika kucingmu sudah adult, kamu bisa mengajaknya keruangan yang sunyi, dimana kamu bisa duduk dengan nyaman dengannya, ketika ia sedang santai dan sesekali menunjukan bahwa sedang mengantuk, jagalah rytme ini, karena ini adalah saat yang paling tepat untuk memulainya.
  2. Buat Paw (Telapak Kaki Kucing) mereka terbiasa
    Ini adalah fase kedua dari cara memotong kuku kucing yang baik dan juga benar, pada fase ini kamu harus mengambil salah satu cakarnya dengan sangat lembut, dan ketika berhasil, pijitlah paw mereka sehingga mereka tetap tenang.

    Jika cara itu tidak berhasil, kamu bisa menekan sedikit kakinya agar kukunya keluar, dan ketika kukunya keluar segera potong dengan cepat, setelah berhasil terpotong, kamu langsung memberinya wet food agar mereka terbiasa dengan hal ini, jangan lakukan sehari untuk semua kukunya, baiknya guntinglah satu kuku saut hari, tujuannya untuk membangun kebiasaan baru untuknya.
  3. Berkenalan dengan gunting Kuku
    Jika ini adalah hal baru bagi kucingmu, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar mereka terbiasa dengan gunting kuku adalah dengan sering mendekatkan suara gunting kuku ditelinganya agar mereka terbiasa dan tidak takut ketika hendak mendengarkan suara gunting kuku.

    Cara yang biasa saya lakukan dirumah adalah dengan mengoleskan makanan basah di gunting kuku, lalu biarkan mereke mengendus dan menjilat gunting kukunya, setelah berhasil cobalah untuk gunting kukunya pada saat itu, ketika sudah berhasil memotong satu buah kuku, langsung berinya hadiah makanan yang paling ia sukai.
  4. Jangan Potong Quick Kucing



    Bagian merah pada kucing disebut dengan nama Quick disana terdapat saraf dan juga pembuluh darah, kami sangat tidak menyarankan kamu untuk sengaja maupun tidak sengaja memotong area ini.

    Potonglah dengan perlahan, sedikit demi sedikit kuku jauh lebih baik daripada sekaligus namun mengenai quicknya, namun jika kamu memotongnya dengan tidak sengaja, kamu harus lekas memanggil orang sekitar untuk menenangkannya dan kamu melakukan tugas menutup bagian lukanya dengan kain agar pendarahannya tertutup.
  5. Posisi memotong
    Posisi yang baik dalam cara memotong kuku kucing dengan benar adalah dengan menempatkannya pada pangkuanmu yang mana salah satu jarinya kamu pegang dan kamu pijat perlihan hingga kukunya menjulur keluar.

    Langkah selanjutnya adalah dengan memotong perlahan kukunya, dimulai dari ujung hingga kedalam, perlahan agar tidak memotong quick, setelah berhasil memotong kami sekali lagi menyarankan untuk memberikannya sebuah hadiah agar mereka menjadi terbiasa.
  6. Jadwalkan Waktu pemotongan
    Melakukan pemotongan pada kuku kucing pada sepuluh hari sekali atau dua minggu sekali adalah waktu yang sangat tepat untuk memulai sebuah kebiasaan, jadi pastikan ia terbiasa, jika belum terbiasa kamu harus coba tips dari nomer 1 hingga 5.

Sekian sudah artikel cara memotong kuku kucing dengan baik dan juga benar, jadi kesimpulannya adalah kamu harus membiasakan mereka dengan rutinitas ini, namun ketika ia masih baru dan belum terbiasa, lakukan dengan perlahan serta selalu memberikannya hadian di setiap akhir sesi.

Video Tutorial menggunting Kuku Kucing