Kucing merupakan salah satu hewan yang mandiri atau bisa mengurus hidupnya sendiri, namun dalam hal membersihkan telinga, mereka sangat membutuhkan bantuan kita sebagai pemilik. Cara membersihkan telinga kucing bisa dikatakan mudah dan tidaklah sulit asalkan mereka sudah terbiasa dengan aktifitas ini.

Dokter hewan tahu betul tentang bagaimana cara membersihkan telinga kucing, namun jika kamu lebih memilih untuk membersihkannya sendiri dirumah, ada beberapa yang kamu bisa lakukan guna membuat prosesnya menjadi lebih mudah, kami akan membahasnya dalam artikel ini.

Mengapa kamu harus membersihkan telinga kucing?

Kucing adalah hewan yang sangat pandai untuk selalu menjaga dirinya agar tetap rapi, jika kamu mengamati perilakunya, kamu akan menemukan bahwa mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membersihkan diri atau merawat dirinya sendiri.

Namun ketika kucingmu mengalami beberapa masalah dibagian telinga seperti tungau telinga, atau infeksi, pembersihan telinga sangatlah wajib untuk dilakukan karena jika tidak infeksi dan juga jamur yang menyerang bisa semakin parah sehingga membawa kerugian yang semakin besar.

Sama seperti halnya manusia yang akan menghasilkan penyakit ketika telinganya tidak dibersihkan, kucingpun begitu, ketika dalam waktu yang lama tidak dibersihkan akan terdapat penyakit didalamnya, jadi alasan kenapa kamu harus membersihkan telinga kucing adalah untuk alasan kesehatan.

Seberapa Sering kamu harus memeriksa dan melakukan tindakan pada telinga kucing?

Meskipun jawaban dari pertanyaan ini sanatlah subjective dan juga kontra-intuisi tergantung dari keadaan, namun ada kemungkinan bahwa kucing kamu sangat jarang membutuhkan pembersihan telinga, bisa jadi dibutuhkan dalam waktu 3 bulans sekali, tergantung dari keadaan si kucing.

Pemilik kucing harus secara teliti melakukan evaluasi teradap telinga kucing yang setidaknya dilakukan dalam waktu sebulan sekali, jika kamu melihat ternyata ada kotoran yang menggumpal atau ada gejala penyakit kulit pada kucing, kami menyarankan kepada kamu untuk melakukan tindakan pertama yaitu dengan membersihkan telinganya.

Bagaimana Cara membersihkan telinga kucing

Untuk kamu yang belum terbiasa dengan aktifitas ini, rasanya kamu akan memerlukan latihan karena prosesnya cukup mudah namun memerlukan keuletan, berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Mulailah dengan menarik penutup telinga kucing dengan lembut dan isi satu lubang lainnya dengan air hangat atau larutan pembersih, jadi larutannya dioleskan terlebih dahulu pada kuping bagian dalam.
  2. Pijat pangkal telinga selama lima hingga sepuluh detik agar mereka bisa merasa nyaman.
  3. Bungkus jari kamu dengan kasa lalu berikan cairan kembali pada kasa
  4. Usap telinga bagian dalam kucing dengan jari yang sebelumnya sudah dibaluri oleh kasa.
  5. Ketika sudah selesai beri mereka hadiah berupa snack kucing agar mereka menjadi terbiasa.

Tips mengorek telinga kucing dari infobinatang.com

Selain cara yang kami uraikan diatas, kami juga merangkum beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar cara membersihkan telinga kucing menjadi lebih udah dan juga menyenangkan.

  • Minta orang lain untuk memegang kucingmu, dan kamu bisa fokus membersihkan telinganya
  • Jangan pernah menggunakan ujung Q pada saat aktifitas ini
  • Selalu berikan hadiah ketika mereka berhasil melalui fase ini
  • Pijit telinganya agar mereka nyaman
  • Gunakan air hangat sebagai pengganti jika tidak memiliki cairan pembersih

Video Tutorial Membersihkan telinga kucing