Selama dalam masa ingin melahirkan, kucing wanita akan terlihat seperti menangis dan juga terdengar penuh akan tekanan, ini sangatlah normal jadi kamu tidak perlu panik. Cara membantu kucing melahirkan sudah bisa kamu persiapkan dari 10 hingga 60 menit dari tanda bahwa kucing betina terlihat kesakitan. Kucing juga terkadang menjilat plasentanya dan juga mengunyah tali pusar dari anaknya, ini juga normal, yang tidak normal adalah ketika sudah 2 jam berlalu dari tanda bahwa kucing sudah mengalami keputihan namun tidak kunjung melahirkan.

Kucing pada hakikatnya sangatlah pandai dalam merawat dirinya sendiri termasuk ketika dalam fase persalinan, jadi kamu harus mencoba untuk memberinya waktu sendiri pula, jadi jangan serta merta kamu melakukan intersepsi membantu kucing melahirkan, karena beberapa kucing malah enggan dibantu. Jika ternyata keadaanya menyebutkan bahwa kamu harus membantu, jika kamu melakukan cara membantu kucing melahirkan dengan cepat seharusnya setelah 15 menit kemudian kamu sudah bisa melihat bayi bayi kecil lucu keluar.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk kucing yang akan melahirkan

Idealnya, kucing yang sedang hamil memiliki ruangannya sendiri, ruangan tersebut seharusnya hangat bisa hingga 30 derajat celcius, dengan keadaan seperti ini yang tenang dan juga penuh kehangatan, akan membantu jika nantinya bayi kucing akan lahir jadi mereka tidak kedinginan.

Memberikan kandang atau ruangan bagi kucing hamil sangatlah perlu adanya, karena hampir seperti manusia, kucing hamil juga akan lebih menjadi agresif, terlebih 2 minggu sebelum melahiran. Guna menghindari hipotermia, kamu harus membuat ruangan ada pada tingkat kelembapan 65%-75%.

Yang harus dipersiapkan lainnya adalah kamu harus membuatkan kotak yang sudah diberikan kain kain agar hangat, alasannya karena nantinya tempat tersebut akan dijadikan tempat menyusui dan tempat tinggal dari para kucing, kotak ini haruslah lebih hangat daripada ruangan, karena kotak ini akan dipakai juga untuk menjadi tempat tinggal anak kucing.

Setelah pemberian ruangan dan pemberian kota, kamu tidak perlu mempersiapkan apapun lagi karena setelah melakukan beberapa hal diatas kucing sudah sangat cukup untuk melahirkan.

Cara membantu kucing melahirkan

  1. Berikan ruangan yang hangat, sepi dan nyaman untuk kucing
    Langkah pertama ini cukup diperlukan guna membantu melahirkan, karena ketika kucing memiliki ruangan yang memadai biasanya tidak perlu dibantu dalam prosesnya karena mereka akan pede dengan sendirinya dan yakin karena memiliki ruangan persis seperti yang ia inginkan.
  2. Siapkan makanan dan susu
    Sebelum melahirkan kucing yang hamil akan puasa sekitar 6 jam, dan ketika sudah melahirkan ia akan merasakan lapar yang luar biasa, jangan lupa juga menyiapkan air karena ruangan yang hangat rentan membuat kucing menjadi dehidrasi
  3. Pegang bagian punggung
    Bagian nomer tiga ini tidak perlu kamu lakukan setiap saat, step 3 kamu lakukan ketika kamu melihat bahwa kucingmu tidak kuat merasakan sakit, dan berputar putar karena kesakitan, fungsi dari memegang dan memijat ringan bagian punggung adalah karena bisa membuat rileks dari kucing.
  4. Siapkan air hangat
    Air hangat akan sangat dibutuhkan ketika bayi kucing sudah lahir, meskipun sayang ibu akan menjilat bersih darah yang ada pada anaknya, kamu tetap perlu menyiapkan air hangat karena sebagian kucing juga enggan membersihkan darah pada anaknya.
  5. Bawa kedokter hewan jika kucing gagal melahirkan
    Cara membantu kucing melahirkan yang terakhir adalah dengan membawa kucingmu ke dokter hewan jika dirasa semua cara diatas kamus sudah lakukan namun ternyata masih gagal karena ada masalah dalam prosesnya.

Perlu digaris bawahi bahwa kamu bisa membantu kucing melahirkan jika dilihat kucing tersebut menghendaki, karena sangat sering kasus pada kucing bahwa ia ingin melahirkan pada tempat yang sepi, dan itu adalah alasan kenapa banyak sekali kucing yang melahirkan dilemari.

Cara membantu kucing melahirkanCara membantu kucing melahirkan

Tutorial Video cara membantu kucing melahirkan