Cara memandikan kucing anggora bisa dikatakan cukup mudah karena ada banyak sekali cara yang kamu bisa lakukan ketika mereka hendak menolak untuk dimandikan, Mandi bagi kucing ras ini sangatlah penting dikarena bagian belakang telinganya sangatlah rentan terhadap penyakit scabies pada kucing.

Perawatan harian kucing anggora tidak selalu harus dikaitkan dengan mandi, mandi hanya perlu dilakukan setidaknya dua minggu hingga enam minggu sekali saja, rasio waktu tergantung daripada seberapa kotor keadaan si kucing sehingga bisa dibilang ini bersikap kondisional, namun jika kamu rasa peliharaanmu sudah cukup kotor, kamu tidak perlu menunggu waktu minimal, lakukan saja pembersihan secepat mungkin untuk menghindari penyakit kulit.

Jika kamu merawat kucing anggora dengan benar, bulu mereka tidak akan berminyak dan terlihat kusam, terlebih jika kamu ingin mendapatkannya menjadi kucing yang ikut berlomba didalam perlombaan, penting sekali untuk kamu sebagai pemilik membantunya merawat penampilan.

Hal yang paling kamu harus perhatikan ketika melakukan cara memandikan kucing anggora adalah dengan tidak mengupas bulunya, saat kamu sedang melakukan goop atau sisir setelah mandi, lakukanlah dengan lembut dan halus, karena proses ini sangat berpotensi besar membuat mantel bulu menjadi terkelupas.

Jika kamu termasuk kedalam pemilik yang siaga, sepertinya kamu bisa memakai lipiderm agar kesehatan kulit mereka kian terjaga setiap waktu.

Cara memandikan Kucing anggora dengan kandang

Jika kucing anggora kamu termasuk dalam kucing yang agresif dan selalu ingin menyerang siapapun yang mengganggu kenyamanannya, sebaiknya kamu melakukan proses mandi ini dengan menggunakan kandang.

berikut adalah susunan cara memandikan kucing anggora menggunakan kandang :

  1. Masukan kucing kedalam kandang
  2. Bawa kandang kedalam wc atau ruang terbuka yang dipakai untuk melakukan mandi
  3. Semprotkan shampo khusus kucing anggora dari luar kandang
  4. Lakukan usapan halus jika itu memungkinkan
  5. Jika tidak memungkinkan kamu lebih baik menyiram halus bulunya guna mengganti fungsi usapan
  6. Jika shampo sudah merata kamu bisa menyiramnya dengan banyak air
  7. Handuki kucing agar air cepat diresap keluar
  8. Jemur atau keringkan dengan angin
  9. Pakaikan bedak dan perfume kucing

Sebenarnya tidaklah sulit jika kamu memakai cara memandikan kucing anggora yang tepat untuk di implementasikan, kamu hanya perlu keberanian dan juga kesempatan, namun kamu juga harus mempertimbangkan cuaca diluar, jika dikira hujan deras sedang datang, baiknya kamu menunda rencana untuk memandikannya terlebih dahulu sampai esok hari matahari keluar.

Cara memandikan kucing anggora ala petshop

Jika kamu ingin memandikan sendiri tapi mengharapkan kualitas seperti grooming pada petshop, jawabannya sangatlah bisa karena sebenarnya grooming pada petshop sangatlah simple karena mereka sudah sangat terbiasa.

Sebenarnya memakai kandang maupun tidak, memakai cara petshop ataupun tidak, selama tujuan kamu guna membuatnya bersih sudah tercapai sepertinya itu sudah menjadi definisi yang cukup guna memenuhi tujuan utamamu.

Berikut adalah cara memandikan kucing anggora ala grooming di petshop

  1. Pijit perlahan tubuh kucing agar mereka tenang dan juga rileks
  2. Gunting kuku kucing terlebih dahulu agar tidak memberikan luka ketika proses mandi dimulai
  3. Berikan basuhan kain hangat pada bulu kucing
  4. Siram perlahan kucing yang sudah tenang dengan air sedikit hangat
  5. Berikan shampoo yang berguna untuk kesehatan bulu
  6. Usap dan ratakan shampo agar semuanya merata
  7. Bilas hingga dampak dari shampoo semuanya hilang
  8. berikan Kondisioner agar bulunya berkilau
  9. Bilas agar Kondisionernya hilang
  10. Handuki agar air bisa turun dari tubuh kucing
  11. Beri angin dari blower atau hair dryer guna mempercepat proses pengeringan
  12. Berikan bedan kucing
  13. Berikan perfume kucing
  14. Cek mata kucing dan bersihkan kotoran pada mata, kuping dan hidung

Sebenarnya kamu hanya membutuhkan sekitar 14 langkah saja agar bisa memandikan kucing layaknya petugas petshop yang sudah sangat berpengalaman, jika kucing kamu sudah sangat nurut denganmu, kami rasa proses dari mandinya akan semakin mudah dan cepat.

Yang tidak dibolehkan ketika proses pemandian berlangsung adalah dengan memaksa hewan kamu untuk mandi, alasannya sangatlah banyak, salah satunya karena akan mengganggu kesehatan mental dari si kucing, dimana ia akan stress dan berdampak tidak mau makan dan pada akhirnya akan sakit.

Yang kedua tidak boleh dilakukan adalah mengabaikannya dan membiarkannya mengeringkan tubuhnya sendiri sehabis memandikan kucing, ini adalah hal yang salah dan harus dijauhi karena cara memandikan kucing yang baik dan benar salah satunya adalah dengan selalu membantu proses pengeringan pada bulu kucing agar semakin cepat terjadi.

Video Tutorial

Dengan video tutorial ini kami mengharapkan kamu menjadi lebih bisa dan terbiasa dalam proses pemandian pada kucing, proses mandi yang menyenangkan akan membantu kesehatan sedangkan proses yang menegangkan akan mengurangi kesehatan dari binatang peliharaan, sehingga jangan pernah menganggap remeh persoalan mandi.

cara memandikan kucing anggora