Cara memandikan Anjing – Kebanyakan ras anjing sangat tidak suka dengan yang namanya mandi, namun mandi sangatlah penting mengingat bulu dan kulitnya harus seringkali dibersihkan guna menghindari kutu pada anjing dan parasit serta jamur.

Seberapa sering saya harus memandikan anjing?

Walaupun anjing tidak semua dengan aktifitas mandi, namun kamu sebagai pemilik harus memiliki cara guna membuatnya bisa melakukan mandi secara teratur guna kesehatan kulitnya. Pada dasarnya, setiap anjing memiliki kebutuhan yang berbeda beda dalam hal mandi, seperti anjing beagle yang mana kamu tidak bisa memandikannya sesering anjing water Spaniel, dan berikut adalah triknya :

  1. Sebaiknya kamu melakukan mandi sebulan sekali
  2. Anjing dengan bulu berminyak seperti Basset Hounds perlu mandi seminggu sekali
  3. Ras dengan rambut yang lurus tidak apa melakukan mandi dengan intensitas yang jarang seperti beagle dan weimaraners.
  4. Basenji sangatlah rewel dengan mandi, jadi mereka tidak apa sangat jarang mandi
  5. Anjing dengan mantel tebal dan mantel ganda seperti Anjing Samoyed dan . lebih baik jarang mandi namun harus sering untuk disikat

Jika anjingmu merupakan sosok yang sangat terobsesi dengan lumpur dan air kotor dijalanan sudah pasti kamu harus membersihkannya ketika hendak kotor, namun kami menyarankan daripada kamu melakukan mandi yang sering dan bisa berdampak pada kesehatannya, lebih baik kamu melatihnya untuk tidak bermain di genangan dan area yang kotor guna menghindari bulunya yang terus menerus kotor.

Ketika mandi bisa untuk tidak dilakukan, kami menyarankan untuk sebisa mungkin hindari mandi kecuali itu memang sangat dibutuhkan, banyak sekali alasannya dan salah satunya adalah intensitas yang sering akan membuat anjing kehilangan minyak alaminya sehingga berdampak kepada timbulnya ketombe, rambut yang gimbal dan kurang baik, simplenya ketika kamu ingin tau kapan anjing ini harus dimandikan, hendaklah untuk mengendus bagian bulunya, jika memang bau, segeralah bawanya ke air untuk segera dilakukan mandi.

Tempat yang baik untuk memandikan anjing

Pemilik anjing kecil memiliki keuntungan ketika kita berbicara tentang tempat yang baik guna memandikan anjing, karena ketika ukuran hewannya kecil kamu bisa saja melakukan mandi di bak atau di atas wastafel atau bathub. Bak anjing portable yang kini sedang trend juga bisa menjadi piliihan bagi para pemilik anjing kecil yang sedang kebingungan tentang dimana lokasi yang sekiranya tepat untuk memandikan anjing kecil. Dan berikut adalah perumusannya :

  1. Jika anjing kamu tidak terbiasa mandi, mandikan ia didalam kandang
  2. Jika mereka baik-baik saja dengan mandi, kamu bisa memakai selang dengan daya dorong sedang
  3. Jika anjing kamu kecil, kamu bisa menaruhnya didalam bak
  4. Jika anjing kamu besar, sebaiknya lakukan mandi ditaman

Yang terpenting ketika hendak melakukan mandi adalah, sebagai pemilik harus memperhatikan faktor cuaca, karena cuaca yang mendung dan hujan akan memperhambat proses pengeringan terutama bagi kalian yang tidak punya hair dryer dan juga blower, sehingga cuaca adalah faktor yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan untuk melakukan mandi terhadapnya.

Cara memandikan anjing yang baik dan juga benar

  • Sisir Anjingmu sebelum mandi
    Rambut kusut yang terkena air akan mengakibatkan masalah pada bulu binatang, sehingga disarankan sebelum melakukan aktifitas mandi dipastikan sudah melalui proses sisis sehingga tidak ada rambut yang kusut dan terkena air.
  • Gunakan air dengan suhu sedang
    Kulit anjing sangat berbeda dengan kulit manusia, dan air panas dapat membuat iritasi pada kulitnya dengan sangat mudah, sehingga air mandinya tidak boleh lebih panas dibandingkan yang dipakai kepada balita manusia karena sekali lagi, kulitnya akan mudah kepanasan.
  • Buatlah mereka tenang sebelum sesi dimulai
    Sebelum melakukan sesi mandi, sebaiknya kamu terlebih dahulu bermain dengannya, membuatnya nyaman dan membuatnya menjadi siap ketika nantinya akan dilakukan mandi.
  • Bilas Sampai bersih
    Sabun apapun yang masih tetinggal pada bulunya dapat membuat iritasi pada kulit anjing ketika kulitnya sudah kering, jadi harus dipastikan bahwa kamu telah melakukan bilas dengan optimal sehingga resiko setelah mandi bisa dihindari dengan baik.
  • Udara kering tidak lembab atau panas
    Ketika berkaitan dengan peliharaan satu ini kamu tidak bisa memakai hair dryer dengan tingkat panas suhu yang sama seperti yang dipakai oleh manusia karena itu bisa membuatnya kepanasan dan memberikan potensi akan gatal dan timbulnya ketombe.
  • Hadiahi Anjimu setelah melakukan proses mandi
    Ketika selesai melakukan mandi, sebaiknya kamu selalu melakukan pemberian hadiah entah berupa makanan yang ia suka, permainan yang ia suka atau sekedar pujian dan elusan kasih sayang, ini sangat penting guna membangun kebiasaan yang sebenarnya ia tidak sukai.

Ketika semuanya bisa kamu lakukan dengan benar setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, yaitu :

  1. Hemat karena tidak perlu ke petshop
  2. Akan membuatnya menjadi lebih sehat
  3. Akan wangi
  4. Terhindar dari jamur dan penyakit kulit
  5. Akan menambah kedekatan dengan pemilik
  6. Menjadi terbiasa dengan mandi
  7. Menambahkan ikatan emosi dengan pemilik
  8. Lebih cepat dibandingkan di petshop

Gambar cara memandikan anjing

Video Cara memandikan anjing