Cara mengatasi kucing stres menurut kami tidaklah sulit, kamu hanya perlu memberikan sentuhan kecil yang tepat sehingga apa yang mengganggu psikologisnya bisa hilang. Biasanya kucing mengalami stress secara alami dalam waktu kisaran 3 hari hingga 7 hari, namun dalam beberapa kasus, stress pada kucing bisa berlangsung hingga satu bulan lamanya, dan yang jelas akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga Ciri-Ciri Kucing Stress

Kami sudah merangkum 10 cara mengatasi kucing stres yang sudah terbukti dan memang dianjurkan oleh dokter hewan, dan berikut adalah cara mengatasi kucing stress :

  1. Perhatikan Litter Box Kucing
    Litter Box merupakan perlengkapan kucing yang seringkali menjadi faktor kenapa kucing bisa stress. Menyediakan kotak kotoran atau litter box saja tidaklah cukup, kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran, lokasi penempatan dan juga jenis yang digunakan.
    Wangi yang tidak sesuai serta lokasi yang sulit ia jangkau sangatlah bisa mengakibatkan stress pada kucing, oleh karena itu cara mengatasi kucing stres yang pertama adalah perhatikan Litter boxnya.
  2. Makanan Yang berkualitas
    Sama seperti halnya manusia yang seringkali stress karena harus berhadapan dengan makanan yang tidak disukai, begitu pula yang terjadi pada kucing, ia akan menjadi stress ketika harus terus menerus memakan makanan yang ia tidak sukai, terlebih makanan kucing tersebut tidak memiliki nutrisi dan protein yang cukup. Atas alasan tersebut cara kedua yang bisa mengatasi stres adalah dengan memberinya makanan yang baik serta mencakup semua protein yang ia butuhkan.
  3. Berikan Cadangan air yang cukup
    Air merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi kucing, kucing yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan stress secara cepat bagi hewan peliharaan, maka dari itu kami menyarankan kamu untuk selalu menyiapkan minum bagi kucing.
  4. Pasang Cat Trees
    Cat Tress yang merupakan tempat bermain bagi kucing merupakan solusi ampuh guna mengobati stres bagi kucing, pemasangan Cat Tres dirumah dapat membuat ia semakin nyaman, kami menyarankan kamu memasangkan tempat bertenggernya ini dekat jendela agar mereka bisa melihat alam bebas dan semakin jauh dari stress.
  5. Beri Alat Penggaruk Kuku
    Pemberian area untuk mengasah kuku kucing merupakan strategi yang tepat dalam cara mengatasi kucing stres, seperti layaknya manusia yang butuh pelampiasan ketika stress, dan bagi kucing, alat penggaruk merupakan alat pelampiasan emosi yang sangat sempurna sehingga bisa menghilangkan stress.
  6. Jangan Ganggu ketika ia sedang bersembunyi
    Kucing merupakan hewan yang membutuhkan tempat untuk ia dapat merasa aman, dan jauh dari ancaman, jadi ketika ia sedang bersembunyi, kami sarankan kamu jangan mengganggunya sehingga ia selalu bisa merasa aman dari manapun.
  7. Bermain Dengan Kucingmu
    Bermain bersama dan bisa berbagi kasih sayang, sangatlah berguna dalam menghilangkan stress pada kucing, dengan adanya permainan, pikiran dari kucing kamu akan terstimulasi dalam pengurangan stress yang ada, untuk jenis permainan yang dimainkan, kamu harus mencari tau terlebih dahulu sekiranya apa yang mereka suka, karena sejatinya masing-masing kucing bisa menyukai permainan yang berbeda
  8. Cuddle Time!
    Cara mengatasi kucing stres yang ke-8 adalah dengan melakukan cuddle, cuddle sendiri adalah garukan yang kamu lakukan pada bagian kepala atau leher, istilahnya mungkin adalah mengelus. Sejatinya kucing sangatlah suka dielus, sehingga ketika kamu melakukan ini, ia akan sangat merasa diperhatikan sehingga bisa terlepas dari stressnya.
  9. Hindari Perubahan Mendadak Di lingkungan sekitar
    Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, perubahan yang mendadak dari kucing akan mengakibatkan ia menjadi stress, maka cara mengatasi kucing stres yang ke-9 adalah dengan tidak melakukan perubahan secara mendadak, entah dari tempat tinggal, pola makan, lokasi ia berada hingga dengan siapa ia tinggal.
  10. Beli Produk pengurang stress
    Untuk solusi nomor ke-10 sebaiknya kamu terlebih dahulu lakukan konsultasi dengan dokter, karena dosis yang tidak tepat bisa berakibat buruk bagi kesehatan kucing.

Sekian bahasan 10 cara mengatasi kucing stres dari kami, semoga dengan adanya artikel ini kamu tidak lagi harus panik ketika melihat ada perubahan sikap dari kucing kamu, lakukan dengan tenang beberapa cara diatas, dan kucingmu akan terhindar dari stress.