Burung Pleci – Zosterops adalah nama latin yang dimiliki oleh burung pleci. Jadi burung adalah hewan yang memiliki sayap dan ciri khas yakni bisa terbang. Sedangkan untuk beberapa wilayah yang ada di Indonesia, burung ini sering mendapat sebutan sebagai burung kacamata. Kenapa disebut sebagai burung kacamata? karena burung ini memiliki lingkaran dengan ukurannya yang cukup kecil dan berada di sekitar matanya. Lingkaran tersebut berwarna hitam tetapi terkadang juga ada yang berwarna putih.

Habitat burung pleci bisa ditemukan di beberapa wilayah seperti di wilayah tropis Afrika dan di beberapa daerah di Asia. Untuk yang di wilayah Asia, burung ini hanya bisa dijumpai di beberapa wilayah seperti di wilayah Indomalaya dan Australia di bagian utara. Sudah banyak orang yang tahu dan paham bahwa burung ini dipelihara sebagai burung kicauan. Hal ini dikarenakan burung ini memiliki bentuk tubuh yang kecil namun suara yang dihasilkan sangat nyaring dan juga khas.

Burung Pleci dalam proses perawatannya diperlukan beberapa tindakan yang cukup teliti. Sebagian besar orang menilai bahwa untuk memelihara burung ini agak sedikit lebih sulit bila dibandingkan dengan burung yang lain. Dengan memberikan perawatan yang lebih maka burung ini akan tetap sehat dan bisa mengeluarkan suara yang nyaring serta khas. Kicauan burung ini juga terkenal sangat merdu dan indah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memelihara burung ini ada baiknya bila Anda mencari tahu lebih dalam mengenai burung ini.

Ciri-Ciri Burung Pleci

Tidak berbeda dengan burung lain yang memiliki ciri khasnya tersendiri, burung pleci juga memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dengan burung-burung yang lain. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin memelihara burung ini ketahui ciri khas dan karakternya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri burung tersebut:

1. Merupakan jenis makhluk montanus

Burung Pleci adalah jenis burung yang merupakan jenis makhluk montanus dengan ukuran tubuhnya yang relatif lebih besar bila dibandingkan dengan jenis pleci yang kain seperti Auri dan Buxtoni. Panjang tubuh burung ini kira-kira kurang lebih 11 cm. Ciri khasnya yang lain adalah burung ini memiliki warna bulu yakni hitam dan abu-abu yang ada pada bagian perutnya. Burung ini terdiri dari beberapa spesies dan ada spesies pleci yang lain yang memiliki warna garis kuning pada bagian perutnya.

2. Ekor cara termudah melihat kelamin burung pleci

Biasanya untuk burung pleci yang berjenis kelamin jantan memiliki ciri seperti pada bagian ekornya memiliki bentuk lancip pada bagian ujungnya dan berbentuk menyerupai huruf v. Untuk bentuk kepalanya adalah bulat dan sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan pleci betina. Terdapat klep pada bagian matanya yang terlihat seperti putus-putus dan akan menebal pada bagian yang ada di bawah mata. Bagian duburnya ditumbuhi banyak sekali bulu dan panjang. Memiliki paruh yang pendek dan untuk warna bulunya terlihat lebih jantan sehingga akan tampak sangat cantik. Ukuran tubuh pleci jantan biasanya lebih panjang dan ramping serta dibagian kiri dan kanan tenggorokan terdapat bulu berwarna hitam.

3. Sang betina sangat berbeda dengan sang jantan

Burung pleci betina ciri khasnya sangat berbeda dengan pleci jantan. Pleci betina memiliki ekor yang pendek dan ujungnya juga berbentuk rata. Ukuran kepalanya juga lebih kecil. Klep yang terdapat pada matanya tidak putus-putus dengan bentuknya yang tebal seperti kacamata. Pada bagian duburnya pleci betina memiliki ukuran yang lebih kecil dan ditumbuhi sedikit burung halus. Sedangkan untuk ukuran paruhnya sedikit lebih panjang bila dibandingkan dengan paruh jantan. Memiliki warna bulu yang sedikit kusam jadi tidak secantik pleci jantan. Memiliki bentuk badan yang bulat. Pada bagian tenggorokannya terdapat bulu yang berwarna merah muda.

Jenis-Jenis Pleci yang ada di Indonesia

Dari berbagai macam hewan yang hidup di dunia ini, pasti memiliki perbedaan jenis. Dan sudah pasti setiap jenis memiliki ciri khas yang sangat berbeda-beda. Ada beberapa jenis Pleci yang menjadi peliharaan dan kadang diikutsertakan dalam lomba kicau burung. Dan berikut ini adalah beberapa jenis burung pleci yang biasanya digunakan untuk ajang perlombaan kicau burung:

1. Burung Pleci Buxtoni

burung pleci

Burung jenis ini merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari famili zosteropidae atau lebih sering disebut dengan burung kacamata. Pleci jenis ini memang terkenal lebih unggul dan memiliki kicauan yang lebih baik bila dibandingkan dengan jenis pleci yang lain. Keunggulannya tersebut bisa dilihat dari kicauannya yang sangat merdu dan memiliki karakter yang khas dan sedikit mirip dengan jenis Pleci pada umumnya.

2. Burung Pleci Dakun Maput

burung pleci

Burung Pleci jenis Dakun Maput ini merupakan salah satu jenis dari pleci yang memiliki kicauan yang terbaik. Karena memiliki kicauan yang sangat luar biasan tersebut, tidak heran bila burung ini sering digunakan sebagai burung yang ikut dalam perlombaan. Tidak hanya memiliki suara yang merdu saja, akan tetapi pleci ini juga sangat pandai bertarung. Pleci jenis ini sering disebut dengan istilah Pleci Muria atau Pleci Kudus. Untuk harga burung ini bisa dibilang cukup mahal. Terlebih bila sudah pernah memenangkan perlombaan maka harganya bisa mencapai kira-kira 3 -5 jutaan.

3. Pleci Dakun Macok

burung pleci

Burung ini memiliki ciri yang sangat khas yakni terdapat bulu yang berwarna kuning pada bagian dadanya dan matanya yang berwarna cokelat. Bila dibandingkan dengan jenis Pleci yang lain, harga burung jenis ini memang tergolong yang paling murah. Hal inilah yang menyebabkan banyak masyarakat Indonesia yang memelihara burung jenis ini karena harganya yang murah. Untuk kisaran harganya yakni berada di sekitar 150 ribu sampai dengan 350 ribu.

4. Pleci Auriventer

Pleci jenis ini memiliki warna yang jauh lebih cantik dan sangat sulit untuk ditemukan jenis ini. Karena sangat susah untuk ditemukan maka tidak heran apabila Anda ingin membeli burung jenis ini harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Pleci jenis ini memiliki ciri khas yang sangat unik yakni seperti adanya bulu yang berwarna kuning pada bagian atasnya dan memiliki bulu yang berwarna abu-abu pada bagian bawahnya. Untuk kisaran harganya berada diantara 150 sampai dengan 500 ribu saja.

Tidak jauh berbeda dengan jenis burung lain, Burung Pleci juga memiliki ciri khas yang sangat unik. Keunikan tersebut antara lain biasanya burung ini akan bersarang pada bagian pucuk atau ujung dari ranting pohon. Dan untuk beberapa pohon yang digunakan untuk bersarang antara lain seperti pohon jengkol, pohon sengon Jawa, dan pohon trembesi. Bentuk sarang burung ini kebanyakan berbentuk bulat dan kecil akan tetapi sangat rapi. Hal ini karena menyesuaikan dengan bentuk tubuhnya yang relatif kecil sehingga sarangnya berukuran kecil. Harga burung ini bisa dikatakan sangat terjangkau. Jadi tidak heran bila saat ini sudah banyak masyarakat yang memilih untuk memelihara burung ini. Kicauannya bagus dan warna yang dimiliki burung ini juga sangat menarik.