Burung Merpati – Burung merupakan hewan peliharaan yang umum dipunyai oleh masyarakat Indonesia selain hewan lainnya seperti kelinci, ayam, bebek, angsa, kura-kura, hamster, dan juga hewan lainnya. Unggas memang mempunyai banyak peminat sebagai hewan peliharaan karena mempunyai tubuh yang kecil sehingga kandangnya tidak akan memakan tempat, mempunyai cara pemeliharaan yang mudah, dan makanan yang mudah dicari.

Oleh karena berbagai keunggulan tersebut maka burung yang juga merupakan salah satu jenis unggas bisa menjadi hewan peliharaan di rumah. Burung mempunyai banyak pilihan jenis yang bisa dipelihara dengan berbagai tujuan. Seperti burung merpati, burung beo, burung kasuari, burung kakatua, dan berbagai jenis burung lainnya.

Burung merpati atau burung dara sendiri merupakan jenis burung yang dikenal sebagai burung yang setia terhadap pasangannya. Selain itu burung ini juga mempunyai banyak sekali jenisnya. Burung jenis ini sendiri bisa dengan mudah ditemukan di berbagai negara seperti misalnya di Amerika dan Kanada yang mempunyai lomba penampilan setiap tahun untuk jenis burung dari yang diadakan oleh National Pigeon Association atau NPA.

Jenis-Jenis Burung Merpati

Sedangkan di Indonesia, burung ini juga terkenal sebagai hewan peliharaan yang banyak dipunyai. Burung ini terkenal karena mempunyai bentuk dan tampilan yang indah, oleh karena itulah tidak heran menjadi burung hias di rumah. Dari sekitar 318 burung jenis ini, di bawah ini akan dijelaskan mengenai beragam jenis merpati hias:

1. Merpati batu

burung merpati batu

Burung merpati pertama yang bisa dipilih sebagai burung hias di rumah adalah merpati batu. Burung ini mempunyai nama latin Columba livia dan merupakan jenis burung yang dekat dengan manusia. Burung ini bisa ditemukan di banyak kota besar dunia seperti di kawasan Palearktik, zoobiogeografi yaitu di Eropa, gurun sahara bagian utara yang ada di Afrika, dan juga di Asia bagian Utara.

Jenis merpati batu ini juga mempunyai ciri sebagai burung yang selalu berkelompok. Merpati ini juga dikenal sebagai burung rock dove mempunyai ciri lainnya yaitu mempunyai warna hitam-putih, coklat, hijau, dan juga ada yang berwarna metalik. Burung ini berkembang di alam liar dan mempunyai tempat bersarang di batu cadas dan di tebing.

2. Merpati hias indian fantail

burung merpati fantail

Jenis merpati selanjutnya yang bisa menjadi burung hias di rumah adalah Indian Fantail yang sangat cantik. Burung ini juga banyak dipunyai sebagai burung hias dan populer di masyarakat. Burung ini berasal dari India dan pada tahun 1926, kebun binatang di San Dieog California juga telah mempunyai beberapa burung ini yang diimpor langsung dari India. Ketika sampai di Amerika, burung yang tersisa hanya dua ekor dan kemudian dikembangkan hingga akhirnya sekarang ini sudah mudah dijumpai di seluruh dunia. Merpati ini juga terkenal sebagai merpati kipas karena mempunyai ekor yang seperti kipas yang sedang mengembang.

3. Merpati modena

burung merpati modena

Jenis burung merpati selanjutnya adalah merpati modena yang merupakan jenis merpati berasal dari kota asalnya. Burung ini merupakan jenis terkenal dari Gazzi Modena dan mempunyai warna putih yang cantik pada badan dan kepalanya. Sedangkan untuk bagian sayap dan ekor burung ini mempunyai warna yang berwarna-warni. Panjang burung ini bisa mencapai 25 cm dan juga mempunyai badan yang gemuk padat sehingga melengkapi penampilannya yang anggun. Burung ini cocok digunakan untuk merpati hias di rumah karena tampilannya yang cantik serta anggun.

4. Jacobin pigeon

burung merpati jacobin

Jenis burung merpati selanjutnya yang bisa digunakan untuk hewan peliharaan sekaligus hiasan di rumah adalah jenis jacobin pegeon. Jenis hewan ini sebenarnya tidak terlalu populer karena bukan merupakan merpati aduan dan juga merpati balap. Akan tetapi untuk merpati hias, jenis ini sangat cocok digunakan untuk merpati hias dengan perkembangbiakan terbaik yang telah dipilih. Jenis burung dara ini mempunyai bentuk yang sangat lucu karena di sekitar kepalanya ada bulu yang menyerupai topi pendeda jacobin. Burung ini berasal dari luar negeri dan mempunyai warna bulu putih, hitam, biru, kuning, perak, dan juga merah.

5. Frillback pigeon

burung merpati frillback

Jenis selanjutnya yang bisa digunakan sebagai merpati hias di rumah adalah frillback pigeon. Jenis ini mempunyai bulu ikal yang ada di bagian sayap dan juga badannya. Burung ini mempunyai bulatan-bulatan kecil seperti bulu yang ada di badannya dan membuatnya mempunyai tampilan yang unik. Adapun untuk ciri dari burung ini adalah beberapa mempunyai jambul dan mempunyai warna biru, putih, hitam, kuning, hingga merah.

6. Old german cropper

Merpati selanjutnya adalah jenis old german cropper. Jenis ini mempunyai hubungan dkeat dengan pouter. Adapun untuk ciri khas dari merpati yang satu ini adalah mempunyai badan yang besar. Karena burung ini bisa mencapai tinggi hingga 50 cm, sehingga termasuk besar untuk jenis burung dara atau merpati.

7. English trumpeter

burung merpati english trumpeter

Jenis burung merpati selanjutnya adalah english trumpeter yang di negeri Belanda juga dikenal sebagai burung Tuimelaar. Burung ini mempunyai ciri unik yaitu ketika terbang dan turun ia suka melakukan atraksi jungkir balik dan juga salto di udara. Oleh karena itulah jenis ini tidak hanya mempunyai tampilan yang bisa digunakan untuk sebagai burung hias, tetapi juga bisa melakukan atraksi yang bisa dijadikan sebagai pelengkapnya.

8. Chinese owl

Burung merpati selanjutnya adalah Chinese owl yang merupakan jenis merpati yang mewah. Jenis ini bertahun-tahun dikembangkan dengan jenis owls breeding sehingga mempunyai ciri yang istimewa sebagai merpati. Dimana untuk ciri dari burung ini adalah mempunyai ukuran tubuh yang kecil, tetapi bulunya sangat melimpah. Burung ini mempunyai warna hitam dan mempunyai tampilan badan yang besar.

9. Ghent cropper

burung merpati ghent cropper

Burung merpati jenis selanjutnya adalah Ghent Cropper yang mempunyai tampilan burung cantik dan cocok sebagai burung hias. Burung ini juga dikembangkan secara selektif sehingga mempunyai tampilan burung yang diinginkan. Jenis Ghent Cropper ini merupakan keturunan dari Rock Pigeon atau Columba livia yang merupakan burung batu yang ada di seluruh dunia.

10. Carrier

burung merpati carrier

Burung merpati selanjutnya yang cocok untuk burung hias adalah carrier. Burung ini berasal dari Bazora Persia dan juga biasa disebut sebagai English Carrier. Jenis ini merupakan alasan mengapa jenis merpati kemudian dikenal sebagai burung pembawa pesan. jenis ini mempunyai ciri dengan bulu keras, dapat mencapai tinggi 45 cm, dan mempunyai berat hingga 650 gram. Untuk warna burung ini biasanya ada warna putih, kuning, hitam, dan merah.

11. King pigeon

Jenis burung merpati yang terakhir adalah king pigeon yang merupakan jenis merpati pedaging. Burung ini mempunyai bentuk yang seperti ayam pedaging yaitu badannya yang besar dan mempunyai tinggi yang pendek. Karena bentuknya tersebut burung ini mempunyai postur tubuh yang lucu dan dapat dijadikan sebagai burung hias di rumah.