Berapa Lama Anjing Hamil ? – Anak anjing sangatlah menyenangkan dan menghibur hati, oleh sebab itu kedatangan puppies sangatlah ditunggu oleh semua pemilik hewan. Tetapi berapa lama anjing hamil? cek ulasannya dibawah ini :

Siklus Reproduksi Pada Anjing

Untuk menjawab berapa anjing Hamil? kamu harus terlebih dahulu memahami siklus reproduksi anjing. Anjing berjenis kelamin betina akan memasuki fase suburnya setidaknya pada enam bulan sekali, meskipun ini bisa beragam tergantung daripada jenis apa anjing tersebut. Ketika sedang memasuki fase subur, siklus ini akan berlangsung selama 18 hingga 21 hari dan ini adalah saat yang telat untuk berkembang biak.

4 Tahap siklus reproduksi anjing berjenis kelamin betina adalah :

  1. Proestrus
  2. Estrus
  3. Diestrus
  4. Anestrus

Proestrus akan berlangsung kurang lebih selama 9 hari lamanya, dan proestrus juga merupakan tahapan pertama dari siklus masa reproduksinya, pada saat ini, ini adalah tahap dimana sang wanita akan menarik pria, dan ketika tahap ini sudah mengalami kemajuan, akan ada fase :

  1. Bagian vulva yang membengkak
  2. Bloody Discharge

Estrus akan berlangsung selama 3 hingga 4 hari lamanya, bahkan dalam sebagian kasus hingga mencapai 11 hari lamanya, pada saat ini biasanya wanita mulai menerima laki-laki dan mulai melakukan reproduksi, ketika fase estrus berhasil akan ada fase :

  1. Vulva menjadi lembut dan membesar
  2. Vagina berubah warna dan menjadi kendur

Fase ketiga ini akan berlangsung setidaknya selama 14 hari lamanya, selama dalam fase berikut para wanita akan menjadi sedikit lemas dan kurang bergairah, ketika vulva sudah menunjukan kembali normal ia tidak akan mengizinkan anjing lelaki lain untuk berhubungan dengannya dan ketika fase ini selesai dengan kegagalan kembang biak, maka fase suburnya hanya akan berlangsung kembali 6 bulan kemudian.

Cara megetahui bahwa anjing sedang hamil

Para pemilik yang sudah melakukan tes kehamilan instan bagi binatang peliharaannya terkadang mengalami kesalahan analisa yang berujung bedanya fakta dan hasil analisa, maka ketika kamu sudah selesai mengawinkan hewanmu, salah satu cara terbaik untuk tahu apakah cara tersebut berhasil atau gagal selain dari menunggu perutnya membesar adalah dengan membawanya ke dokter hewan, setidaknya ada empat metode yang bisa digunakan dokter hewan untuk menentukan apakah anjing ini hamil atau tidak :

  • Tes Hormon
  • Rabaan
  • Sinar-X
  • Ultrasonografi

Test Hormon

Tes hormon dapat memprediksi apakah anjingmu sedang hamil atau tidak bahkan sampai detail berapa minggu sudah berlangsung, test ini sangatlah efektif untuk mengetahui berapa lama anjing hamil dengan cara melihat minggu yang sudah berlangsung dikurangi waktu maksimal periode hamil 68 hari.

Dokter hewan akan menguji hormon relaxin untuk menentukan apakah peliharaan kamu hamil atau tidak, relaxin sendiri akan dilepaskan dari jaringan plasenta oleh binatang yang sedang mengalami kehamilan, jadi bisa dikatakan bahwa test ini sangatlah akurat, namun hewan tersebut harus memasuki usia kehamilan 30 hari untuk membuat test ini benar benar tidak terpatahkan.

Rabaan

Palpasi atau dengan cara meraba adalah cara termurah namun memerlukan keperluan khusus agar dapat menghasilkan hasil yang akurat guna mendiagnosis kehamilan, selaput disekitar rahimnya akan tumbuh menjadi kantung berisi janin. Setelah berlangsung selama satu bulan, kantung tersebut akan kehilangan bentuknya yang khas dan mulai mengembangkan floppy feel yang juga bisa di artikel sebagai lemak atau pyometra.

Sinar – X

X-ray adalah cara yang cukup bagus untuk peternak menentukan berapa banyak calon anak yang ada didalam kandungan, sinar x paling efektif diantara yang lain karena tengkorak janin akan terlihat pada xray ini, namun untuk hasil yang akurat ada berapa anak didalam kandungan, biasanya membutuhkan hingga masa kehamilan memasuki hari ke 55 untuk mendapatkan hasil akurat

Ultrasonografi

Ulrasonografi adalah cara yang cukup baik untuk mendeteksi kehamilan diawal, kata lain dari cara ini adalah USG, sangat efektif pada masa kehamilan 25 hari hingga 35 hari. Ultrasonografi tidak hanya mendeteksi kehamilan, namun juga menentukan apakah terjadi masalah terhadap sang janin atau tidak.

Berapa Lama Anjing Hamil?

Periode kehamilan normal pada anjing adalah 63 hari sejak hari pembuahan, meskipun ini dapat bervariasi tergantung beberapa hal. Konsepsi seringkali sulit untuk ditentukan karena sperma dapat hidup selama beberapa hari didalam betina, yang berarti tidakan kawin sendiri bukanlah pengukuran kehamilan yang tepat.

Pengukuran hormon dapat memberikan kerangka waktu kehamilan yang lebih akurat dan juga tepat, banyak peternak menggunakan apusan vagina dan tes darah untuk memantai hormon reproduksi pada saat proses sedang berlangsung, hal tersebut dapat menentukan waktu terbaik guna membiakan hewan dan melihat temp kelahiran.

Berapa lama anjing Hamil sesuai dengan pengukuran hormon yang sangat akurat :

  1. 56-58 Hari sejak hari pertama diestrus
  2. 64-66 Hari sejak kenaikan awal progesteron
  3. 58-72 hari sejak pertama kali berkembang biak

Kehamilan akan sangat relatif dibandingkan manusia dan pada umumnya bertotal 9 minggu.

Berapa Lama Anjing Hamil