Anjing Kintamani – Ada banyak sekali ras anjing di dunia. Ternyata dari banyak ras tersebut, ada satu ras anjing asli dari pulau Dewata. Ras anjing tersebut sudah diakui dunia asli dari Pulau Bali dan memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan ras lainnya. Anjing Kintamani merupakan anjing khas Pulau Dewata yang banyak berkembang biak di sekitar gunung Kintamani.

Anjing ini sekilas saja terlihat tinggi dan ramping dengan bulu yang cukup panjang terutama di bagian ekor dan paha kaki belakang. Warnanya dominan putih atau cerah dengan telinga berdiri yang pendek. Sifat anjing ini sendiri adalah pemberani sehingga sering dibawa untuk berburu dan menemani aktivitas warga berladang.

Sejarah Anjing Kintamani

Anjing ini sebelum dikenal sebagai anjing khas pulau Bali, mulanya dikenal sebagai anjing lokal di pulau tersebut. Namun mulai tahun 1988, PERKIN yang melihat perbedaan atau kekhasan pada anjing pegunungan Kintamani ini dibandingkan anjing lokal di luar Bali, mulai pemuliabiakan dengan tujuan agar diakui oleh dunia internasional sebagai anjing asli Bali. Hingga akhirnya FCI (Federation Cynologique Internationale) memberikan persyaratan bagi anggota PERKIN untuk pemuliabiakan anjing ini dan melakukan penelitian agar diketahui bahwa generasi ke XV memiliki ciri yang sama atau tidak dengan generasi pertamanya. Syarat ini setidaknya harus terjadi pada minimal 10 kennel.

Penelitian terhadap Anjing Kintamani

Dari penelitian yang dilakukan tersebut, keluarlah ciri-ciri umum anjing kintamani ini yaitu memiliki ukuran sedang dengan proporsi tubuh yang baik dan keseimbangan yang baik. Massa otot juga kuat ditunjang dengan tulang yang besar. Merupakan anjing khas pegunungan sehingga ia memiliki bulu panjang moderat dengan warna putih spesifik, hitam atau coklat. Pada sistem FCI secara internasional, anjing ini berada dalam kategori yang sama dengan anjing spitz, anjing Chow Chow, Samoyed dan Basenji. Anjing ini juga berada di kategori anjing pekerja yang dahulu memang sering diajak pemburu hingga petani Bali untuk beraktivitas.

Sedangkan untuk sifat umum dari anjing Kintamani disebutkan sebagai berikut, merupakan anjing yang memiliki kewaspadaan tinggi, pemberani dan tangkas. Anjing ini juga sangat baik untuk anjing penjaga karena memiliki kecurigaan tinggi. memiliki sifat yang setia kepada pemiliknya, loyal terhadap keluarga yang membesarkan dan tidak melupakan pemilik atau mereka yang pernah merawatnya. Merupakan anjing teritori sehingga suka menyerang anjing asing yang masuk ke wilayahnya. Anjing ini suka menggaruk tanah untuk membuat perlindungan dan memiliki gerakan yang ringan dan lincah.

Ciri Khas Anjing Kintamani

Ciri khasnya juga berada di bagian kepala. Anjing Kintamani memiliki kepala bagian atas yang lebar dengan moncong yang proporsional. Rahang juga kokoh dan kuat dengan gigi rapi dengan gerakan memotong saat makan. Bibir anjing ini berwarna hitam atau coklat tua dan telinganya berwarna coklat ke abu-abuan. Bentuk telinga seperti huruf V terbalik dengan ujungnya yang membentuk bulat. Jarak antar telinga termasuk lebar dengan panjang telinga medium atau kecil. Mata anjing ini berbentuk lonjong mirip dengan kacang almond, bola mata berwarna gelap dengan bulu mata berwarna putih. Warna hidung umumnya coklat tua, namun bisa berubah karena pengaruh lingkungan atau musim.

anjing kintamani

Warna Bulu Anjing Kintamani

Anjing Kintamani memiliki beberapa warna dan dikelompokkan menjadi 4 distribusi warna bulu yaitu:

  1. Warna bulu putih dengan sedikit kemerah-merahan atau kecoklamerahan pada bagian telinga, bulu ekor dan bulu belakang paha.
  2. Warna coklat tua atau coklat muda dengan bagian moncong lebih gelap atau hitam.
  3. Warna hitam legam dengan bagian dada sedikit putih.
  4. Warna coklat tua atau coklat muda dan memiliki loreng berwarna hitam.

Secara garis besar, anjing Kintamani memiliki tinggi antara 45 cm hingga 55 cm untuk anjing jantan dan ukuran tinggi 40 cm hingga 45 cm untuk anjing betina. Memiliki leher dengan jenjang yang tinggi sehingga tampak anggun dan gagah. Punggungnya datar dengan bulu lebih panjang. Bagian pinggang dan perut ramping dengan kaki-kaki yang kuat dengan bulu yang lebih pendek. Bulu badong atau bulu di area leher anjing ini lebat dan panjang. Semakin panjang bulunya maka akan semakin baik kualitas dari anjing tersebut. Ekor bulu kintamani juga panjang dan membentuk surai 45 derajat. Semakin panjang ekor anjing ini juga akan semakin memperbaiki kualitasnya.

anjing kintamani

Anjing Asal Bali ini merupakan anjing penjaga

Disebutkan sebagai anjing penjaga yang memiliki kewaspadaan tinggi, namun anjing kintamani ini juga anjing yang super ramah. Jika Anda sudah mengenalnya atau dikenalkan oleh pemilik padanya, anjing ini akan bersifat ramah dan suka bermain dengan Anda. Memiliki daya ingat yang tajam, sekali saja Anda berkunjung dan diterima di rumahnya, anjing bisa langsung mengenali di kunjungan berikutnya. Memiliki kebiasaan unik yang jarang dimiliki anjing jenis lain yaitu suka menggali tanah. Selain untuk perlindungan atau bermain, anjing ini juga menggunakan hasil galiannya untuk melahirkan dan membesarkan anaknya. Hal ini sesuai dengan tradisi jaman dahulu pemilik anjing yang jarang mengandangkan kintamani sehingga ia bebas menggali tanah dimanapun yang dirasa aman.

Setelah mendapatkan sertifikat internasional, anjing Kintamani yang dulunya adalah anjing peliharaan biasa kini menjadi anjing komersil. Di Bali sudah banyak peternakan anjing ini dimana Anda bisa membeli anakannya untuk menjadi anjing peliharaan. Peminatnya bukan hanya warga Bali saja namun juga warga lain pulau misalnya Jawa. Turis asing yang menetap sementara hingga tinggal di Bali juga banyak yang ingin memilikinya. Untuk membeli anjing ini, harga yang ditetapkan bervariasi antara Rp. 2 juta per ekor hingga Rp. 5 juta untuk usia anakan yaitu 2 bulan hingga 2,5 bulan. Memang lebih banyak yang memesan anjing anakan dibandingkan yang sudah dewasa karena kelucuannya saat sedang bermain.

Telah Diakui oleh FCI

anjing kintamani

Dengan pengakuan dari FCI, anjing Kintamani menjadi anjing pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang mendapatkan sertifikat keaslian ras atau trah. Meski begitu masih banyak masyarakat lokal Bali maupun di luar Bali yang belum bisa membedakan anjing asli Kintamani dan Balinese Dog atau anjing jalanan yang ada di Bali. Dengan adanya sertifikasi dari FCI diharapkan para breeder anjing asli Kintamani dapat memberikan edukasi melalui contoh anjing asli yang berkualitas baik sehingga masyarakat dapat membedakan dan semakin mencintai anjing asli pegunungan Kintamani ini.

Jika Anda tertarik mengadopsi anjing Kintamani, Anda bisa datang langsung ke Bali untuk mengadopsi atau membelinya dari breeder terpercaya. Atau bisa juga melakukan transaksi online dimana anjing bisa dikirimkan melalui jasa pengiriman hewan. Namun perlu diingat karena anjing ini terbiasa dengan suhu pegunungan yang dingin, agar terlebih dahulu memberikan waktu padanya untuk beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga lebih nyaman tinggal di rumah keluarga barunya. Dengan menyayangi dan membesarkan anjing ras Bali ini, Anda akan memiliki anggota keluarga yang setia, loyal, pemberani dan bisa diandalkan untuk menjaga anggota keluarga lainnya.