Anjing Basenji : Mandiri, Berperilaku Manis, dan Mewah


Ranking Popularitas : Peringkat 87 dari 193

Tinggi Tubuh : 17 Inch (Laki-Laki) 15 Inch (Perempuan)

Berat Tubuh : 25 Pounds (Laki-Laki) 22 Pounds (Perempuan)

Waktu Hidup : 13-15 Tahun

Group Anjing : Kelompok Hound



Deskripsi Anjing Basenji

Anjing Basenji adalah anjing kecil yang sangat anggun dengan ukuran sekitar 15inch hingga 17inch saja, mereka sangat mudah dikenali meskipun dari kejauhan karena mantelnya sangat khas dan berkilau, selain itu mereka juga memiliki ekor yang melengkung serta dahi yang bisa dikatakan berkerut serta mata berbentuk almond yang sangat ekspresif dalam menyampaikan banyak emosi seperti layaknya manusia.

Trah anjing ini masuk dalam kelompok Hound sama seperti anjing azawakh, anjing american foxhound, dan juga anjing afghan hound, walaupun trah ini masuk dalam kelompok hound, namun nyatanya mereka memiliki tampilan yang sangatlah indah dan sangat mengesankan ketika hendak sedang berlari cepat. Saking cepat larinya trah ini mereka juga sering disebut sebagai kuda balap mini, alasan lainnya kenapa mereka dikatakan kuda balap mini adalah karena mereka tidak menggonggong sama sekali.

Jika kamu menginginkan peliharaan yang hendak dapat membersihkan dirinya sendiri seperti kucing, trah anjing ini sangatlah cocok untuk kamu karena basenji merupakan salah satu trah yang akan merawat dirinya sendiri seperti halnya kucing sehingga mereka juga masuk dalam kategori breed yang sangat mudah untuk dikembang biakan.

Sejarah Anjing Basenji

Sejarah Anjing Basenji sangatlah panjang sehingga mereka juga mendapatkan gelar sebagai anjing tertua di dunia menurut para ahli paleontologi, mereka dibersarkan di kawasan sungai nil dari pedalaman afrika sebagai hadiah para firaun pada peradaban mesir kuno, kamu juga bisa melihat artefak anjing ini dalam artefak mesir kuno dan jejak dari trah ini juga bisa dapat dilihat dari seni kuno babel dan juga pada peradaban mesopotamia.

Peradaban yang sangat menarik ini sayangnya harus runtuh ribuan tahun yang lalu, namun salah satu peninggalannya yaitu Basenji bertahan hingga saat ini sebagai anjing semi liar yang masih tinggal dikawasan hulu sungai nil dan juga kongo. Anggota suku afrika menghargai Basenji sebagai pemburu yang sangat ampuh karena indra penciuman dan juga kecepatannya sangat bisa diandalkan.

Terisolasi di daerah terpencil dari benua afrika dalam waktu yang sangatlah lama, trah ini sangatlah unik dan tidak berubah dari sisi genetiknya sama sekali sehingga pada tahun 1800an sepasang trah ini dibawa ke daerah inggris oleh para penjelajah untuk diperkenalkan. Tujuan dari penjelajah membawa ras ini adalah untuk dipamerkan pada saat itu.

Karakteristik Anjing Basenji

Karakteristik basenji adalah keanggunannya karena mereka sangat jarang untuk menggonggong namun mereka tidak bisu. Dahi mereka keripun sehingga sangat unik jika diperhatikan, lalu gaya berjalan mereka yang sangat mudah namun juga cepat sehingga menyerupai kuda pacuan yang biasa dipakai balapan. Semua porsi yang ada pada anjing ini hakikatnya sesuai dengan porsi yang ada didalam tubuhnya sehingga mereka sangat pantas untuk dipelihara karena sangatlah mudah.

Bulu & Tubuh Anjing

Bulu dari trah ini terkenal dengan keberkilauannya, mereka sama seperti layaknya kucing yang akan membersihkan bulunya sendiri sehingga mudah untuk dirawat. Trah ini memiliki tubuh yang bisa dikatakan tidaklah besar dibandingkan para anjing kelompok hound lainnya, namun fisiknya sangatlah kuat karena disokong oleh struktur tulang yang kokoh.

Nutrisi yang cocok

Nutrisi yang cocok untuk anjing ini sebenarnya sama seperti nutrisi yang ada pada ras lainnya. Dimana kamu perlu memberikan makanan anjing dengan kualitas cukup baik dan jangan memberikannya makanan manusia karena beberapa makanan manusia tidak bisa di cerna dengan baik oleh anjing.

Untuk referensi makanan anjing, kamu bisa buka page ini => Makanan Anjing

Foto Anjing :

Video Anjing :