Ciri Ciri Kucing Mau mati – Sebagai pemilik kucing kadang kita cemas ketika kita melihat hewan kesayangan kita berperilaku tidak seperti biasanya, perubahan sikap dari hewan peliharaan bisa mengandung banyak arti yang salah satunya bisa karena mereka sedang sakit atau mereka mengalami stress, namun tidak semua perubahan sikap merupakan ciri ciri kucing mau mati ya guys, karena dalam beberapa kasus perubahan sikap malah merupakan tanda seperti mereka sedang birahi atau mereka sudah melewati masa kitten menjadi adult, sehingga sebelum menarik kesimpulan kenapa mereka bisa menjadi lemas dan tak bergairah sebaiknya kamu terlebih dahulu faktor-faktornya dan penyebabnya.

Kami merangkum setidaknya ada 17 ciri-ciri yang kamu perlu waspadai karena ciri-ciri memiliki indikasi yang kurang baik terhadap kesehatan binatang, berikut adalah ciri ciri kucing mau mati :

  1. Lemas dan cenderung tidak bersuara
    Kucing yang sakit parah cenderung akan lemas dan tidak bersuara, kucing tidak seperti manusia yang bisa dilihat dengan langsung separah apa penyakitnya, oleh karna itu walaupun ia lemas dan sama sekali tidak bersuara, jangan remehkan hal ini ya kawan.
  2. Muntah-Muntah dengan intensitas yang sangat sering
    Jika kucingmu merngalami muntah muntah dan apalagi cairan yang keluar berwarna kuning, ini tandanya ia bisa keracunan atau mengalami infeksi pada bagian pencernaannya, jika tanda ini muncul, segera beri penanganan guna menghindari penyakit yang lebih serius (Link Penanganan kucing muntah)
  3. Tidak mau makan dalam waktu yang cukup lama
    Tidak makan dalam waktu yang lama juga merupakan suatu indikasi bahwa kucingmu mengalami penyakit yang tidak bisa dibiarkan, sebelum mendiagnosa bahwa ia sakit serius coba tunggu dalam waktu 24 jam dan beri makanan yang ia suka, jika ia tidak mencicipi sama sekali, kamu patut khawatir dengan keadaannya.
  4. Cenderung menyendiri
    Kucing memiliki firasat jika ia akan mati dan meninggalkan pemiliknya, oleh karena itu dengan alasan agar tidak ada pemangsa yang memangsanya dan dengan alasan tidak mau membuat pemiliknya sedih karena akan kehilangannya, ia akan menyendiri ke tempat yang tersembunyi.
  5. Menjauhi pemilik namun tidak agresif
    Hampir sama dengan poin nomer 4, kucing akan menjauh tanpa alasan namun ia tidak agresif, namun jika dilihat mereka tidak memiliki tanda penyakit apapun, kamu jangan takut akan hal tersebut, karena bisa saja ia sedang mengalami stress atau ngambek saja.
  6. Bersikap antipati terhadap sosial
    Kucing merupakan maklug sosial dan sangat senang berinteraksi dengan sesamanya ataupun dengan manusia, oleh karnanya ketika ia tiba tiba berhenti bersosialisasi dengan lingkungan, kamu patut curiga karena pasti ada sesuatu didalam dirinya yang ia tutupi dengan berdiam dan menghindari sosial.
  7. Mata berair
    Kucing sakit mata mungkin saja dimulai dari mata yang berair, namun ternyata mata yang berair tidak selamanya menandakan karena ia sakit mata, ada kalanya mata berair menandakan bahwa organ dalam tubuhnya sedang tidak baik-baik saja, oleh karena itu walaupun terlihat kecil, jangan sepelekan hal ini, jika ada waktu dan biaya segeralah periksa ke vet terdekat.
  8. Pencernaan yang tidak baik sehingga perut terlihat bunci besar
    Perut yang buncit secara cepat menangakan bahwa ia memiliki penyakit serius juga didalam perutnya, biasanya ditandai oleh tumor dan sangat bisa mengancam nyawanya, jadi kamu harus perhatikan ya guys, jangan dikira sehat gemuk ternyata itu adalah penyakit.
  9. Kejang-Kejang
    Seperti layaknya manusia dan hewan lain, kejang kejang adalah tanda bahwa ia sudah mendekati masa ajalnya, ketika kejang kejang dibarengi dengan mata yang terbalik dan bibir berbusa, kamu sudah saatnya mengikhlaskannya karena ini merupakan ciri ciri kucing mau mati yang paling sering ditemui.
  10. Badannya menyusut
    Badan yang menyusut beda dengan badan yang menjadi kurus, badan yang menyusut biasanya dialami oleh kucing yang sakit parah, menyusut karena semua organnya mengalami penurunan kerja sehingga tubuhnya menyusut.
  11. Bulu Rontok drastis
    Bulu yang rontok drastis bisa terjadi karena ia mengalami penyakit kulit yang serius, namun alasan lainnya bisa karena ia sudah sangat tua sehingga bulu rontok merupakan tanda bahwa tubuhnya sudah tidak mampu mengolak nutrisi harian yang ia makan.
  12. Giginya rontok
    Giginya rontok juga merupakan ciri ciri kucing mau mati, karena ketika giginya rontok ia sudah dipastikan tidak mau makan, dan karena itu penyakit lain akan datang menghampiri.
  13. Menjadi acuh terhadap dirinya sendiri
    Ciri selanjutnya adalah ketika ia sudah sangat acuh bahkan terhadap dirinya sendiri, ketika tanda ini sudah ia rasakan kamu harus periksanya ke vet karena ditakutkan ada penyakit serius yang ia tidak bisa sampaikan terhadap kita.
  14. Lesu dan mengeluarkan bau yang kurang sedap
    Dalam sebagian kasus, kucing yang hendak akan mati akan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap, bau ini akan keluar secara tiba tiba dan baunya tidak seperti kotorannya.
  15. Detak jantung melemah
    Detak jantung melemah merupakan tanda pasti ketika ia akan mati, seperti layaknya manusia yang memiliki organ inti jantung, dan ketika jantung sudah sangat melemah itu tandanya memang kesehatannya sudah sangat kritis dan kamu harus mulai ikhlas tentang kepergiannya.
  16. Suhu menurun
    Suhu yang menurun merupakan tanda ia akan mati, sama seperti manusia, ketika tubuh menjadi dingin ditengah sakit kritis itu tandanya bahwa umurnya sudah tidak lama lagi.
  17. Nafas tidak beraturan
    Ciri-Ciri nafas tidak beraturan juga merupakan tanda bahwa ia akan mati, biasanya ini diakibatkan karena kegagalan jantung atau paru-paru sehingga tidak bisa diremehkan.

Sekian sudah ciri ciri kucing mau mati dari kami, semoga 17 list di atas bisa dijadikan bahan antisipasi kamu untuk mencegah kematian pada kucing.